Gunakan Nota Perjanjian Hutang Saat Anda Harus Berhutang Kepada Saudara atau Teman

By on February 2, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,031 kali

Gunakan Nota Perjanjian Hutang Saat Anda Harus Berhutang Kepada Saudara atau TemanPerencanaan Keuangan – Meminjam uang dari teman-teman dan kerabat kiranya dilakukan hanya setelah pertimbangan yang sangat hati-hati. Memiliki ide fantastis menghasilkan uang tapi kredit macet dapat mengarahkan Anda ke wilayah keluarga dan teman-teman. Risiko keuangan akan selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari setiap pinjaman. Bahkan sekalipun Anda eminjam uang dari keluarga dan teman-teman. Risiko dan tantangannya lebih bersifat emosional.

Seseorang yang  berpengetahuan luas, membuat rencana bisnis yang diteliti secara menyeluruh dapat menjadi sangat efektif. Hal ini dapat menurunkan risiko yang terlibat dan pada saat yang sama menghilangkan ketakutan tantangan emosional. Isu-isu ini seharusnya sudah diselesaikan pada saat Anda mendiskusikan kesepakatan ini. Nota Perjanjian akan memerlukan rencana yang perlu dipikirkan sebelum ditandatangani.

Nota Perjanjian

Peminjam dikenakan janji untuk membayar kembali pinjaman. Pembayaran pinjaman diatur dalam jadwal yang diuraikan dalam nota. Semua pinjaman sukses memiliki jenis nota ini sebagai dasar. Tanpa itu tidak hanya perlindungan keuangan bagi pemberi pinjaman akan ada dalam bahaya, begitu juga hubungan di antara keduanya. Berikut ini adalah beberapa perlindungan yang harus ada dalam nota perjanjian:

1. Penetapan tanggal pembayaran.
2. Penetapan jumlah pembayaran.
3. Masa  tenggang yang disepakati.
4. Disebutkannya tanggal pembayaran pertama dan tanggal pembayaran terakhir.
5. Suku bunga.
6. membatalkan kebingungan, dan melindungi hubungan.

Bila Anda meminjam uang, selalu  amati dan ukur pemberi pinjaman Anda. Sebuah ya khawatir mungkin berarti ya karena hubungan Anda. Namun jika tidak artinya mungkin tidak. Anda bisa menghilangkan ya khawatir dengan menawarkan untuk mengamankan pinjaman.

Anda bisa memasang merek Jeep Chrysler baru Anda sebagai jaminan. Ini mungkin hanya hal yang berubah ya khawatir menjadi penuh ya, sambil tersenyum. Anda harus mengukur semacam respon. Bersiaplah.

Mungkin kekhawatiran pemberi pinjaman Anda bukan keamanan, tetapi suku bunga yang rendah. Tinggal di zona tersebut. Anda tahu orang tersebut. Sekali lagi, bersiaplah. Buatlah tanggapan. Bisa jadi sifat musiman produk menyebabkan keprihatinan Anda. Realistislah menyesuaikan pembayaran untuk jangka waktu tersebut.

Ketika catatan telah ditandatangani, dan uang yang dipinjam diterima, Anda harus tahu kapan pembayaran jatuh tempo. Jika Anda menghadapi tantangan pembayaran, segeralah berkomunikasi dengan pemberi pinjaman Anda. Jangan lewatkan pembayaran dan meninggalkan pemberi pinjaman Anda dalam ketidaktahuan.

Apabila kebutuhan untuk penyesuaian dengan jadwal pembayaran diperlukan, silahkan berembug  dengan pemberi pinjaman Anda. Jauhkan jalur komunikasi terbuka. Lindungi hubungan Anda. Anda tidak ingin hubungan hancur menjadi pembicaraan utama di acara rumpi gaul tingkat keluarga, RT, RW, Kelurahan, Kecamatan atau bahkan Kabupaten/Kodya . Setidaknya inilah yang perlu Anda pahami bahwa meminjam uang kepada pihak perorangan selalu berdampak nama buruk jika Anda tidak disiplin.