Gaji Kecil Bukan Halangan Untuk Tak Bisa Investasi Sejak Dini

By on February 12, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 392 kali

Edukasi – Gaji kecil bukan halangan untuk tak berinvestasi memang benar adanya. Siapa bilang bahwa gaji yang kecil menjadi penghalang bagi Anda untuk melakukan investasi sedini mungkin? Mengingat investasi itu sangat perlu, maka cobalah untuk menyisihkan uang meskipun sedikit karena gaji belum sepenuhnya bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Terlebih lagi investasi tidak harus selalu menyediakan dana di dalam jumlah yang tinggi. Dimana Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan investasi yang kecil namun secara berjangka, dalam artian semakin lama nilainya akan semakin besar.

Meskipun demikian, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda pahami seputar investasi seperti di bawah ini.

Tujuan finansial

Ketahui apa tujuan Anda ketika memilih produk investasi tertentu. Apakah itu sebagai dana pendidikan, kesehatan, dana pensiun masa tua dan lain sebagainya. Anda dapat mempertimbangkannya sesuai apa yang Anda butuhkan dengan investasi tersebut.

Risiko

Di dalam setiap pilihan sudah pasti ada  risiko yang siap menanti. Demikian halnya ketika Anda mencoba membuktikan bahwa gaji kecil bukan halangan untuk tak bisa investasi. Ada berbagai risiko investasi satu dan lainnya yang penting untuk Anda ketahui dan pelajari. Sehingga setiap risiko yang ditimbulkan juga nantinya tidak menyulitkan langkah Anda. Jangan lupa untuk memilih jenis investasi yang memang sudah banyak dipercaya, mudah sekaligus memiliki prospek masa depan yang baik serta menguntungkan.

Kemampuan

Penghasilan yang kecil memang bukan hal yang penting ketika Anda berencana melakukan investasi. Di dalam hal ini, Anda sendirilah yang menentukan bagaimana rencana keuangan kedepannya agar lancar di saat melakukan investasi dengan gaji yang pas-pasan tersebut. Gaji yang besar sekalipun bahkan bukan jaminan bagi Anda bisa melakukan investasi jika memang Anda tidak mampu membuat perencanaan keuangan secara tepat. Dengan demikian gaji Anda yang tergolong kecil akan tetap mudah berinvestasi di saat Anda pandai menyisihkan pendapatan setiap bulan, paling tidak sebesar 10% saja.

Pada awalnya hal tersebut mungkin akan terasa sulit, mengingat selalu ada hal tidak terduga menuntut Anda untuk mengeluarkan dana dalam jumlah besar. Jika demikian kondisinya, mungkin saja Anda dapat meminta bantuan seseorang memotong gaji Anda setiap bulan secara otomatis. Sehingga Anda juga tidak perlu lagi khawatir ketika isi dompet Anda tiba-tiba lenyap tanpa sisa karena sebelumnya Anda memang sudah menyisihkannya untuk investasi.
Jika selama ini beberapa orang beranggapan bahwa investasi hanya akan menambah beban tanggungan, hal tersebut sebenarnya pendapat yang salah besar. Coba pikirkan hal yang menyenangkan dengan Anda melakukan investasi. Misalnya saja ketika tua nanti, Anda tidak perlu sepenuhnya bergantung pada anak atau keluarga. Karena dengan berinvestasi sejak dini, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi ketika nanti terjadi hal buruk yang secara tiba-tiba menimpa Anda.

Katakanlah pendapatan Anda setiap bulan adalah Rp 2 juta, menyisihkan 10% untuk berinvestasi atau sekitar Rp 200.000,- dalam setiap bulan yang Anda lakukan selama 3 tahun berturut-turut. Tentu saja Rp 200.000,- tersebut akan berubah menjadi investasi senilai Rp 7,2 juta. Tentunya bukan nilai yang kecil bukan?

Untuk mewujudkan perencanaan tersebut Anda harus pandai dalam merencanakan keuangan. Jangan sampai gaji yang kecil justru membuat Anda “besar pasang daripada tiang”. Terutama investasi hanyalah terasa berat ketika Anda baru memulainya. Namun Anda tidak akan pernah tahu bagaimana hasil gaji yang kecil bukan halangan untuk tak bisa investasi tanpa pernah memulainya.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty