Fasilitas Online Trading Memudahkan Aktivitas Transaksi

By on May 27, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,806 kali

Fasilitas Online Trading Memudahkan Aktivitas Transaksi

Teknologi informasi berpengaruh terhadap perkembangan pasar modal Indonesia. Secara lebih luas, teknologi medukung aktivitas bisnis menjadi lebih efisien dan efektif.  Industri pasar modal dan keuangan merupakan salah satu tolok ukur perekonomian suatu negara. Hingga saat ini, teknologi sudah sangat berperan bagi pertumbuhan pasar modal.

Sepuluh tahun yang lalu, bertransaksi di pasar modal hanya bisa dilakukan oleh investor melalui jasa broker dan dealer. Order transaksi dari investor disampaikan kepada perusahaan efek secara tertulis atau melalui layanan telepon dengan rekaman pembicaraan. Namun, terdapat sejumlah kendala yang kerap muncul seperti terhambatnya order transaksi karena masalah jaringan telepon atau tehambatnya pengiriman order melalui mesin faximile.

Kendala tersebut menyebabkan investor bisa kehilangan kesempatan meraih keuntungan dari pergerakan pasar modal yang cepat. Selain itu, jangkauan investor pun lebih terbatas. Namun, dalam lima tahun terakhir, teknologi mampu mereduksi kendala-kendala tersebut serta memenuhi kebutuhan akan kecepatan dan ketepatan dalam transaksi bursa saham yang sangat penting.

Perkembangan teknologi perdagangan saham di pasar modal ditandai dengan hadirnya online trading. Kemajuan ini memudahkan investor, para broker, trader dan institusi yang terkait, untuk dapat dengan cepat menganalisa dan mengambil keputusan investasi.
Saat ini, hampir sebagian besar perusahaan sekuritas telah memiliki fasilitas online trading. Fasilitas online trading ini memudahkan investor untuk melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja menggunakan perangkat komputer, laptop, tablet, bahkan  smart phone yang dilengkapi jaringan internet.

Selain mempermudah transaksi saham dan memperluas jangkauan transaksi, online trading  juga dapat meminimalisir  kesalahpahaman atau kekeliruan dalam memasukkan order transaksi, misalnya salah mendengar instruksi besaran lot atau kesalahan dealer dalam menginput jumlah saham yang dipesan.

Fasilitas online trading umumnya dilengkapi berbagai data pendukung sebagai bahan bagi investor untuk mengambil keputusan investasi. Misalnya, investor juga dapat mengakses laporan keuangan emiten, melihat chart teknikal harga saham setiap emiten, dan membaca news serta menganalisa informasi perusahaan.

Dalam perkembangannya, banyak sekuritas yang mengembangkan fasilitas online trading menjadi lebih baik dan cepat, yang dapat diakses melalui layanan Blackberry, Apple Ipad maupun Android. Namun, sebelum melakukan online trading,  para investor harus menjadi nasabah di perusahaan efek atau broker saham terlebih dahulu.

Di Bursa Efek Indonesia (BEI), terdapat sekitar 120 perusahaan efek yang menjadi anggota BEI. Pertama kali investor harus melakukan pembukaan rekening dengan mengisi dokumen pembukaan rekening. Di dalam dokumen pembukaan rekening tersebut memuat identitas nasabah lengkap (termasuk tujuan investasi dan keadaan keuangan) serta keterangan tentang investasi yang akan dilakukan.

Perdagangan dilakukan melalui proses tawar menawar secara berkesinambungan (Continuous Auction Market) dalam satuan perdagangan efek. Tawar menawar dilakukan dengan memperhatikan prioritas harga dan waktu (Price and Time Priority). Dalam perdagangan saham, jumlah saham yang dijualbelikan dilakukan dalam satuan perdagangan yang disebut dengan lot, dimana satu lot berarti 500 lembar saham.

?Setiap transaksi online trading akan langsung tercatat pada sistem perdagangan  di BEI. Untuk menjamin transparasi kepemilikan saham dan efek lainnya, investor akan memperoleh kartu AKSES yang dapat digunakan untuk melihat mutasi jual-beli saham serta saldo saham investor. Melalui kartu AKSES, rekening efek nasabah dapat diakses melalui situs secara online untuk melihat dan mengecek saldo efek (saham) dan mutasi saham yang ada di rekening masing-masing investor. (TIM BEI) (//mrt)