Faktor-Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Emas Berjangka?

By on March 20, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 500 kali

Investasi Emas – Banyak orang yang memilih untuk berinvestasi emas. Masyarakat awam lebih memilih investasi emas yang cara kerjanya jual beli dalam bentuk fisik, karena memang lebih mudah untuk dipahami. Berbeda dengan investasi emas berjangka yang memerlukan pengetahuan lebih untuk bisa melakukannya. Masyarakat memerlukan edukasi yang cukup mengenai investasi emas berjangka agar tidak ada lagi opini-opini yang mengira hal tersebut sebagai penipuan.

Meskipun dalam perdagangan emas berjangka tidak memerlukan emas fisik, nyatanya harga emas berjangka mengikuti harga emas fisik yang berlaku. Kira-kira apa saja yang mempengaruhi harga emas berjangka? Berikut ini adalah faktor-faktornya:

    Inflasi yang Meningkat Melebihi Prediksi

Tingkat inflasi biasanya akan mempengaruhi kebijakan ekonomi di setiap negara. Tingkat inflasi yang sudah diprediksi dalam bentuk persen akan dijadikan acuan untuk menetapkan tingkat suku bunga di negara tersebut. Pada umumnya, harga emas akan melonjak naik jika tingkat inflasi tersebut meleset, atau bahkan melebihi prediksi.

    Kericuhan Finansial

Krisis moneter pada tahun 1998 dan 2008 termasuk kedalam kericuhan atau kepanikan finansial. Ini merupakan faktor yang bisa membuat harga emas tiba-tiba melonjak tidak terkendali. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang membeli emas untuk menyimpan kekayaannya daripada memegang uang tunai.

    Kenaikan Harga Minyak yang Siginifikan

Ketika harga minyak mentah dunia naik secara signifikan, maka harga emas pun ikut mengalami kenaikan. Namun, dampaknya tidak langsung terasa. Irak merupakan salah satu produsen minyak mentah terbesar yang ada di dunia. Harga minyak secara mengejutkan naik ketika Irak diinvasi oleh AS. Jika invasi ini terus-terusan terjadi, maka kenaikan harga minyak dunia tidak dapat dielak lagi. Karena inilah harga emas fisik dan emas berjangka pun ikut terangkat naik.

Permintaan Emas

Harga emas akan terus naik jika permintaan emas dunia yg terus naik berbanding terbalik dengan pasokan emas yang ada. Inilah yang dinamakan sebagai hukum supply demand. Dua negara yang senang menghabiskan uang untuk membeli emas adalah India dan Cina.

    Kondisi Politik di Dunia

Ketidakpastian ekonomi adalah akibat dari suhu politik dunia yang tinggi karena ketegangan yang terjadi antar negara-negara di dunia. Harga emas juga turut terpengaruhi karena faktor yang satu ini. Pelaku pasar akan memilih investasi yang aman sebagai strategi hedging, yaitu emas. Instrumen lainnya, seperti valas, obligasi, dan saham biasanya akan ditinggalkan sementara waktu.

Itulah dia faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga emas berjangka, dan tentu saja harga emas fisik. Emas memang komoditi yang sangat baik sebagai sarana lindung nilai. Karena itulah permintaan akan emas seakan tidak pernah surut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty