EU: Tingginya Pengangguran Lemahkan Pereknomian Eropa

By on February 25, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,075 kali

EU: Tingginya Pengangguran Lemahkan Pereknomian Eropa

Perekonomian di zona Eropa akan menyusut untuk tahun keduanya pada tahun 2013, didorong oleh tingginya tingkat pengangguran karena pemerintah, konsumen dan perusahaan membatasi pengeluarannya, kata Komisi Eropa.

GDP dari 17-negara zona Eropa akan turun sebanyak 0.3 persen pada tahun ini, lebih buruk dibandingkan dengan prediksi sebelumnya di bulan November yang mengatakan akan tumbuh sebesar 0.1 persen, kata komisi Eropa pada hari ini. Tingkat pengangguran akan melonjak menjadi 12.2 persen, naik dari perkiraan sebelumnya yaitu 11.8 persen dan pada tahun sebelumnya di angka 11.4 persen, kata mereka.

“Pasar tenaga kerja adalah masalah yang serius”, kata Marco Buti, kepala departemen komisi ekonomi dalam pernyataannya.” Hal tersebut memiliki konsekuensi sosial yang serius dan akan terjadi, jika tingkat pengangguran menjadi masalah yang mengakar, karena hal tersebut dapat juga membebani perspektif pertumbuhan di masa depan.”

Zona eropa tidak berdaya karena keuangan publik yang rapuh, dan rentannya perbankan, kata Buti. Lemahnya perekonomian berlawanan dengan membaiknya pasar keuangan, seiring negara-negara, perbankan dan rumah tangga terus meningkatkan neraca mereka dan menunda permintaan baru.