Emas Menguat Setelah ECB Pangkas Suku Bunga

By on May 3, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,315 kali
investasi emas

Emas Menguat Setelah ECB Pangkas Suku Bunga

Pada perdagangan di bursa Nymex yang berakhir dini hari tadi harga emas tampak mengalami kenaikan yang cukup baik (03/05). Harga emas menguat setelah bank sentral Eropa atau ECB menurunkan suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam 10 bulan, menegaskan status emas sebagai sarana hedging inflasi sehari setelah The Fed mengaskan komitmen untuk mempertahankan program pembelian obligasi untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Harga emas terangkat oleh keputusan ECB untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps. Suku bunga Eropa ditetapkan pada posisi 0.5 persen yang merupakan level rekor terendah. EBC juga menyatakan bahwa masih ada kemungkinan untuk kebijakan moneter longgar yang lebih jauh untuk mendorong ekonomi di kawasan euro keluar dari fase resesi.

Harga emas kehilangan lebih dari 200 dollar per troy ons pada tanggal 12 dan 15 April lalu di tengah kekhawatiran bahwa The Fed akan mengurangi atau menghentikan program stimlusnya. Sejak saat itu permintaan fisik emas yang tinggi telah membuat harga emas kembali rebound.

Harga emas spot mengalami kenaikan sebesar 0.7 persen dan berakhir pada posisi 1467 dollar per troy ons. Harga emas spot pada perdagangan tadi malam sempat mengalami kenaikan hingga mencapai possii 1473.40 dollar.

Sementara itu harga emas berjangka AS mengalami kenaikan sebesar 21.4 dollar dan ditutup pada posisi 1467.60 dollar per troy ons.

(Ika Akbarwati, Vibiznews)