Emas Berjangka Terus Menurun Tertekan Data Ekonomi AS

By on August 30, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,114 kali
Emas Berjangka

Emas Berjangka Terus Menurun Tertekan Data Ekonomi AS

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange terus menurun pada Kamis (Jumat pagi WIB), tertekan data positif ekonomi Amerika Serikat.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember jatuh 5,9 dolar AS, atau 0,42 persen, menjadi menetap di 1.412,9 dolar AS per ounce, lapor Xinhua.

Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis melaporkanbahwa jumlah orang yang mengajukan tunjangan asuransi pengangguran baru AS turun 6.000 menjadi 331.000 dalam pekan yang berakhir 24 Agustus, mendekati tingkat terendah dalam enam tahun.

Sementara itu, Departemen Perdagangan AS mengatakan bahwa produk domestik bruto (PDB) AS tumbuh pada tingkat tahunan 2,5 persen pada kuartal kedua, jauh lebih cepat dari 1,1 persen pada kuartal pertama.

Penguatan data ekonomi AS telah menghidupkan kembali ekspektasi pasar bahwa Federal Reserve AS akan segera menurunkan program pembelian obligasinya, dan karena itu membawa pergi daya tarik “safe haven” emas.

Emas juga kehilangan dukungan kuat ketika prospek serangan militer segera terhadap Suriah telah berkurang.

Presiden AS Barack Obama pada Rabu mengatakan bahwa ia belum cukup mengambil keputusan tentang Suriah, sedangkan Perdana Menteri Inggris David Cameron telah sepakat untuk mengadakan pemungutan suara terpisah guna menyetujui aksi militer di Suriah.

Kenaikan dolar AS karena data ekonomi positif pada Kamis lebih lanjut memperlemah emas.

Perak untuk pengiriman Desember turun 29,9 sen, atau 1,22 persen, menjadi ditutup pada 24,14 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober kehilangan 17,7 dolar AS, atau 1,15 persen, menjadi ditutup pada 1.522,4 dolar AS per ounce.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: B Kunto Wibisono, Antara News