Emas Berjangka Kembali Turun

By on August 5, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,101 kali
Emas

Emas Berjangka Kembali Turun

Investasi Emas – Emas berjangka mengalami penurunan di minggu pertama dari bulan Agustus karena data ekonomi AS yang lebih baik dari yang diperkirakan menambah spekulasi bahwa Federal Reserve kemungkinan akan memperlambat stimulus fiskal.

Dua hari yang lalu, klaim untuk benefit pengangguran di AS turun ke lima tahun terendah, sebagaimana yang dilaporkan oleh Departemen Tenaga Kerja dan manufaktur naik di bulan Juli dengan kecepatan tercepat dalam lebih dari dua tahun, sebagaimana yang dilaporkan oleh suatu group swasta. Sedangkan kemarin, para pemberi kerja menambah lebih sedikit pekerja dari yang diperkirakan bulan lalu.

Harga emas telah jatuh 22 persen sepanjang tahun ini dengan dolar AS mengalami keuntungan 4.3% terhadap 10 mata uang lainnya. Metal berharga ini juga berkurang dengan sebagian investor kehilangan kepercayaan dalam bullion sebagai tempat penyimpan yang bernilai.

“Minggu sebelumnya kami melihat data ekonomi yang menunjuk kepada suatu pemulihan ekonomi sedang terjadi, dan di tambah dengan dolar yan menguat membuat emas berada dalam tekanan.” Kata Tom Power seorang broker komoditas senior di RJ O’Brien & Associates di Chicago, “Data kemarin adalah positip bagi emas, tetapi tidak cukup untuk mengubah arah dari pasar yang sudah bearish.

Emas berjangka untuk penyerahan Desember turun 0.1% dan ditutup di $1,310.50 per ons pada 1:43 p.m. di Comex New York.

Setelah turun sebanyak 2.2% ke $1,282.40, terendah sejak 18 Juli, harga rebound setelah payrolls di AS naik hanya 162,000, kurang dari yang diperkirakan, dan tingkat pengangguran turun ke 7.4 dari 7.6 persen. Metal berharga turun 0.9 persen minggu lalu setelah rallying di tiga minggu sebelumnya.

Bullion lebih dari dua kali lipat dari 2008 ke rekor $1,923.70 di September 2011 dengan bank sentral telah membeli hutang lebih dari $2 triliun. The Fed saat ini membeli $85 miliar obligasi dalam sebulan.

(Mindo Sianipar, VibizNews)