Ekonomi Jerman Kian Mendekati Fase Pemulihan

By on March 13, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,447 kali

Ekonomi Jerman Kian Mendekati Fase Pemulihan

Ekonomi Jerman semakin mendekat ke ambang pemulihan dalam beberapa bulan ke depan setelah menderita penurunan menjelang akhir tahun lalu, berdasarkan laporan bulanan yang dipublikasikan Kementerian Ekonomi Jerman pada hari Selasa.

“Ekonomi Jerman berada di ambang pemulihan,” kata kementerian tersebut dalam laporannya. “Perkembangan resesi di zona Euro belum teratasi, namun ada beberapa tanda-tanda stabilisasi. Mungkin pemulihan bertahap akan terlihat pada paruh ke-2 tahun 2013.”

“Ekonomi Jerman masih berada dalam kondisi yang sangat baik, meskipun tren pertumbuhan lemah sepanjang tahun lalu,” menurut laporan Kementerian Ekonomi Jerman. “Sebuah awal pemulihan pada musim semi masih mungkin terjadi.”

Meningkatnya kepercayaan diri di zona Euro dan tanda-tanda pemulihan dalam ekonomi global, terutama di pasar negara berkembang, menjadi dasar estimasi Kementrian Ekonomi Jerman. Perekonomian Jerman mengalami kontraksi sekitar 0,6% pada kuartal ke-4 tahun 2012. Sementara anggota dewan European Central Bank, Joerg Asmussen, pekan lalu mengatakan bahwa bank sentral memproyeksikan ekonomi Jerman akan kembali menunjukkan pertumbuhan pada kuartal pertama tahun 2013.