Draghi Tegaskan Kesiapan ECB Untuk Bertindak Jika Diperlukan

By on May 7, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,118 kali

Draghi Tegaskan Kesiapan ECB Untuk Bertindak Jika Diperlukan

Presiden European Central Bank Mario Draghi pada hari Senin kembali menegaskan kesiapan bank sentral untuk mengambil tindakan lebih lanjut guna mendukung ekonomi zona Euro jika diperlukan.

“Kami akan memantau semua data kawasan Euro dalam beberapa pekan ke depan, dan jika perlu kami siap untuk mengambil tindakan lebih lanjut,” kata Draghi, dalam sebuah pidato di LUISS University, Roma.

Pidato tersebut menjadi penampilan publik pertama Draghi sejak konferensi pers yang digelar pasca ECB menurunkan suku bunga utamanya ke rekor terendah 0,50% pada pekan lalu.

Draghi juga menegaskan jika ECB tidak akan mengesampingkan wacana pemangkasan suku bunga deposito hingga di bawah 0%, sebuah langkah yang secara efektif akan membebankan biaya kepada para kreditur yang memarkir dana mereka di bank sentral. Hingga saat ini bank-bank zona Euro tercatat memiliki lebih dari €100 milyar kelebihan cadangan likuiditas yang tersimpan di deposit facility ECB, dan terlihat masih cenderung enggan untuk meminjamkan kelebihan likuiditas mereka itu kepada bank lain atau klien. (vid)