Dollar Perkasa, Emas Dunia Turun

By on August 29, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,834 kali
Emas-Batang

Dollar Perkasa, Emas Dunia Turun

Investasi Emas – Pada transaksi tadi malam (28/8) di New York, harga kontrak emas dunia menurun dari posisi tertingginya dalam tiga bulan terakhir. Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, pada pukul 13.38 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran Desember turun 0,1% menjadi US$ 1.418,80 per troy ounce di Comex, New York.

Pada transaksi sebelumnya, posisi harga emas sempat menyentuh level US$ 1.434 per troy ounce, yang merupakan level tertinggi sejak 14 Mei lalu.

Salah satu penyebab penurunan harga emas adalah penguatan dollar AS yang pada akhirnya menghimpit tingkat permintaan emas sebagai investasi alternatif. Asal tahu saja, the Bloomberg Dollar Index tadi malam naik sebesar 0,5%.

“Penguatan dollar bergerak berlawanan dengan emas. Pasar saat ini tengah jeda sejenak setelah emas mencatatkan reli yang cukup tinggi,” jelas Phil Streible, senior commodity broker RJ O’Brien & Associates di Chicago.

Catatan saja, harga emas sudah merosot 15% di sepanjang tahun ini. Sebaliknya, posisi si hijau mengalami penguatan 4,3% pada periode yang sama.

(Barratut Taqiyyah, Kontan)