Dollar AS Semakin Perkasa

By on August 22, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,401 kali
HANDFULL OF US DOLLAR

Dollar AS Semakin Perkasa

Investasi Forex – Dollar AS semakin perkasa pada transaksi perdagangan hari ini (21/8). Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 08.43 waktu London, dollar menguat 0,3% menjadi 97.53 yen. Ini merupakan penguatan terbesar sejak 13 Agustus lalu.

Sementara, jika berhadapan dengan euro, si hijau menguat 0,2% menjadi US$ 1,3391 per euro. Di sisi lain, euro tak banyak mencatatkan perubahan atas yen di level 130,61 yen.

Penguatan dollar AS terjadi sebelum rilis pertemuan the Federal Reserve yang berlangsung pada Juli lalu dikeluarkan pada hari ini. Disinyalir, rilis tersebut akan memberikan petunjuk mengenai langkah-langkah yang akan diambil the Fed, terutama menyangkut stimulus AS.

“Hasil pertemuan the Fed yang akan segera dirilis hari ini menyebabkan fokus pelaku pasar kembali ke pemangkasan stimulus the Fed,” jelas Peter Dragicevich, currency economist Commonwealth Bank of Australia di Sydney. Dia memprediksi, dollar akan rebound dalam beberapa hari ke depan.

Catatan saja, the Fed akan kembali menggelar pertemuan pada 17-18 September mendatang. Hasil survei Bloomberg menunjukkan, the Fed berkemungkinan besar memutuskan untuk memangkas nilai stimulusnya pada pertemuan tersebut.

(Barratut Taqiyyah, Kontan)