Dollar AS Naik Berkat Banjir Data Positif

By on May 29, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,527 kali

Dollar AS Naik Berkat Banjir Data Positif

Pergerakan Dollar AS pada perdagangan forex dini hari ini ( 05/29 ) terpantau menunjukkan pergerakan naik . Mata uang tersebut dibuka di kisaran 101.11 di awal perdagangan (00.00 GMT) kemudian menguat cukup tajam sekitar + 104 pips atau sekitar + 1.028 % dan nilai bergulir terpantau berada di kisaran 102.15.

Pergerakan ini merespon banjir data positif pada ekonomi AS. Dari sektor konsumsi, The Conference Board Inc. melaporkan kepada publik bahwa tingkat keyakinan konsumen AS mengalami peningkatan yang pesat.

Perkembangan tersebut ditunjukkan dengan adanya kenaikan pada indikator fundamental CB Consumer Confidence yang menguat 76.2 dari nilai pada periode sebelumnya yaitu 69.0. Adanya laporan yang menguntungkan tersebut menunjukkan kinerja yang lebih baik dari estimasi sejumlah ekonom, yang memperkirakan hanya akan naik ke angka 70.7.

Dari sektor perumahan juga terdapat sinyal positif, dimana indikator S&P/CS Composite-20 HPI y/y terkini menunjukkan kenaikan menjadi 10.9% dari 9.4%. Estimasi ekonom hanya akan naik ke angka 10.2%.

Sementara itu baru saja diumumkan bahwa Moody’s Investors Service menaikkan penilaian terhadap kinerja perbankan AS dari “negatif” menjadi “stabil”, untuk yang pertama kalinya sejak tahun 2008. Hal ini dilakukan dengan menilai adanya peningkatan pada kinerja operasional dan berkurangnya resiko dari pelemahan ekonomi. (Indra Yudistira, Vibiznews)