Dollar AS Menuju Penguatan Terhadap Yen

By on August 16, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,149 kali
Dollar vs Yen

Dollar AS Menuju Penguatan Terhadap Yen

Investasi Forex – Nilai tukar dollar AS menuju penguatan mingguan pada hari ini (16/8). Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 08.50 waktu Tokyo, dollar AS diperdagangkan di posisi 97,21 yen atau 0,2% lebih lemah dari posisi kemarin.

Jika dihitung, dalam sepekan terakhir, dollar sudah perkasa sebesar 1% terhadap yen. Ini merupakan penguatan mingguan terbesar dalam sebulan terakhir.

Sementara, jika berhadapan dengan euro, nilai tukar dollar AS tak banyak mencatatkan perubahan di level US$ 1,3349 per euro. Di sisi lain, euro melemah 0,2% menjadi 129,73 yen pada hari ini.

Penguatan dollar terjadi sebelum dirilisnya data ekonomi AS yang diprediksi akan menunjukkan pemulihan pada perekonomian Negeri Paman Sam itu. Prediksi itu juga memicu spekulasi bahwa the Federal Reserve akan mengurangi nilai pembelian obligasi mulai bulan depan.

“Masih ada ruang bagi dollar AS untuk menguat. Momentum perekonomian AS kian membaik. Saat prediksi langkah the Fed menjadi kenyataan, dollar akan kian perkasa,” jelas Joseph Capurso, currency strategist Commonwealth Bank of Australia.

(Barratut Taqiyyah, Kontan)