Dollar AS Masih Perkasa

By on August 14, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,910 kali

Dollar AS Masih Perkasa

Investasi Forex – Posisi dollar AS masih perkasa pada transaksi pagi ini (14/8) terhadap sejumlah mata uang utama dunia. Mengutip data Bloomberg, pada pukul 08.51 waktu Tokyo, nilai tukar dollar AS berada di level 98,22 yen di Tokyo dari posisi 98,20 yen pada hari sebelumnya.

Sementara, jika berhadapan dengan euro, posisi dollar AS tak banyak mencatatkan perubahan di posisi US$ 1,3264 per euro. Euro sendiri saat ini berada di posisi 130,27 yen dari sebelumnya 130,25 yen.

Penguatan dollar dipicu oleh adanya sejumlah sinyal yang menunjukkan pemulihan ekonomi AS sehingga akan mendorong the Federal Reserve untuk melakukan pemangkasan nilai stimulus pada bulan depan. Jika hal itu dilakukan, sudah pasti posisi dollar AS akan semakin perkasa.

“Perekonomian AS masih terus menunjukkan proses pemulihan dan pelaku pasar melihat hal itu sebagai sinyal bahwa the Fed akan segera menurunkan nilai pembelian asetnya pada September mendatang,” jelas Kikuko Takeda, senior analyst Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd di London.

Dia menambahkan, dollar AS kemungkinan tidak lagi berada dalam tren melemah tahun ini seiring langkah the Fed yang melakukan normalisasi kebijakan moneternya.

Catatan saja, Bloomberg US Dollar Index pagi ini tak banyak berubah di posisi 1.025,85 setelah dalam dua sesi sebelumnya naik 0,9%.

(Barratut Taqiyyah, Kontan)