Defisit Perdagangan Jepang Mengecil di Maret

By on April 18, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,171 kali

Defisit Perdagangan Jepang Mengecil di Maret

Negara Jepang kembali mencatatkan nilai defisit perdagangan dalam sembilan bulan berturut-turut di bulan Maret, meskipun defisit tersebut mengecil dari perkiraan dan lebih kecil dari angka defisit di bulan Februari.

Sedangkan eksport Jepang melonjak 1.1% dari periode tahun sebelumnya setelah merosot 2.9% bulan lalu, menurut Kementerian Keuangan hari Kamis (18/4). Rilis tersebut hanpir sesuai dengan prediksi +1% dari survei Dow Jones Newswires. Sementara nilai import naik 5.5%, menurun dari bulan Februari sebesar 11.9%, namun setidaknya masih bertumbuh kuat berkat pelemahan yen serta tingginya pembayaran import bahan bakar terkait program negara atas perluasan kawasan nuklir telah menaikkan kebutuhan energi dari luar negeri.

Hasilnya, neraca perdagangan mengalami defisit sebesar 362.4 miliar yen ($3.70 billion), mengecil dari bulan Februari sebesar ¥779.5 miliar dan di bawah perkiraan defisit ¥430 miliar yang dicatat dalam poling Dow Jones Newswires.

Di sisi lain, eksport ke China masih merosot 2.5%, mengecil dari bulan sebelumnya yang anjlok hingga lebih dari 15%, dimana sebagian akibat liburan Tahun Baru China. Sementara ekspor ke Uni Eropa juga jatuh 4.7%, namun ke Amerika justru menguat 7%.(dar)