Definisi Start Up Bisnis Digital dan Perkembangannya di Indonesia

By on January 21, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 364 kali

Start Up Bisnis – Apa itu start up bisnis digital yang dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi tren baru dalam dunia bisnis Indonesia? Secara istilah, bisnis start up sendiri artinya adalah bisnis yang baru dimulai atau baru dikembangkan dan masih dalam proses riset pasar. Menurut karakteristiknya, bisnis start up tidak berusia tidak lebih dari 3 tahun dan memiliki pendapatan tidak lebih dari 100.000 dollar AS per tahun. Jumlah pegawainya pun tidak banyak dan tidak bergantung kepada perusahaan yang lebih besar alias mandiri. Tetapi dalam prakteknya, bisnis start up memiliki arti yang lebih menyempit lagi yaitu ditujukan untuk menunjuk pada bisnis yang bergerak di bidang teknologi. Seperti apa bisnis start up di bidang teknologi atau start up bisnis digital ini? Mengapa Indonesia adalah salah satu negara dengan perkembangan start up digital terbesar?

Awal mula start up bisnis digital

Istilah start up menjadi lekat dengan bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan internet karena pada tahun 1998 – 2000 di Indonesia terjadi ledakan jumlah website yang merupakan situs resmi dari perusahaan-perusahaan baik digital maupun non-digital. Fenomena banyaknya perusahaan yang membuat website ini disebut dengan bubble dotcom atau gelembung dotcom. Tidak hanya di Indonesia saja, bubble dotcom juga terjadi secara internasional.
Faktor pemicu banyaknya situs website yang muncul karena pada periode tersebut, internet semakin mudah digunakan dan menjangkau masyarakat yang lebih luas. Masyarakat mulai sadar akan fungsi dan kegunaan internet sehingga hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dengan menjangkau pasar yang lebih luas menggunakan media internet. Kini hampir semua jenis perusahaan memiliki website baik yang sudah lama atau yang masih baru.

Start up bisnis digital di Indonesia

Anda pasti sudah familiar dengan beberapa nama perusahaan seperti tokopedia.com, dailysocial.net, dan urbanesia.com. Ketiga perusahaan tersebut merupakan contoh dari start up bisnis digital yang sukses di Indonesia. Apa itu start up bisnis digital bisa dilihat dari munculnya dan mekanisme kerja dari perusahaan-perusahaan yang sudah disebutkan tadi. Menurut CEO dari dailysocial.net, Rama Mamuaya, start up bisnis digital di Indonesia bisa dibagi ke dalam 3 kategori. Kategori yang pertama adalah e-commerce, aplikasi edukasi, serta pembuat game. Jadi jelas bahwa start up bisnis digital tidak hanya toko online saja, namun segala yang berhubungan dengan teknologi dan internet.

Saat ini sudah ada lebih dari 1.500 perusahaan start up bisnis digital yang ada di Indonesia dan jumlahnya diprediksi akan terus bertambah. Salah satu startup situs jual beli barang jualanlaku.com Perkembangan yang cukup pesat ini tidak lepas dari jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 200 juta jiwa dan semakin banyak pengguna internet yang aktif. Start up bisnis digital di Indonesia mulai berkembang pesat sekitar tahun 2010 ketika Yahoo mengakuisisi Koprol, yang diikuti oleh perusahaan asing lain. Ada beberapa faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki perkembangan start up bisnis digital yang pesat, di antaranya:

  1. Demografi penduduk Indonesia yang banyak di usia produktif. Di usia ini orang akan lebih mudah untuk diajak mencoba hal yang baru sehingga bisa menarik pasar lebih banyak.
  2. Orang Indonesia termasuk sebagai heavy social media user, terbukti dari seringkali peristiwa atau event yang terjadi di Indonesia selalu menjadi trending topic world wide karena saking banyaknya orang Indonesia yang tweeting pada waktu yang sama.
  3. Daya beli masyarakat Indonesia yang cenderung naik
  4. Ekonomi dan politik yang relatif stabil.

Intinya start up bisnis digital merupakan bisnis yang bergerak di bidang teknologi dan internet dengan memanfaatan potensi pasar dalam hal ini di Indonesia karena perkembangan pengguna internet sangat menggiurkan untuk dijadikan ladang uang. Demikian adalah definisi dari apa itu start up bisnis digital.