Dasar-Dasar Investasi Emas

By on November 25, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 327 kali

Investasi Emas – Dasar-dasar investasi emas terdiri dari serangkaian poin penting yang bertujuan menjamin keuntungan di masa depan. Memang, emas merupakan model investasi yang sangat menguntungkan dibandingkan dengan properti, saham, atau deposit tabungan. Tapi melakukan investasi dengan emas tidak dilakukan secara asal alias tanpa pertimbangan dan perhitungan cermat.

Keuntungan Investasi Emas

Emas merupakan investasi yang sangat menguntungkan karena tak akan terpengaruh oleh inflasi atau penurunan mata uang. Nilainya yang stabil bahkan bisa mengalami kenaikan siginifikan hanya dalam beberapa tahun. Dibandingkan dengan model investasi lain, emas memang lebih masuk akal.

Pengelolaan Investasi Emas

Sama halnya dengan metode pengelolaan investasi pada umumnya. Anda bisa mengelola itu sendiri, atau mempercayakan kepada pihak jasa yang akan mengelola itu secara profesional. Tentu saja yang sangat disarankan adalah metode yang pertama. Metode yang kedua lebih tepat untuk model investasi properti atau bangunan komersil.

Dasar-dasar Investasi Emas

Selama melakukan investasi emas, ada sejumlah dasar penting yang wajib diterapkan. Berikut adalah beberapa uraiannya:

1. Bertahap
Pengalaman pertama investasi dengan emas akan terasa berbeda bagi setiap orang. Dengan harapan meraih keuntungan sebesar-besarnya, model investasi ini tak boleh dilakukan secara gegabah. Awalilah dengan perhitungan sederhana yaitu dengan memilih jenis investasi emas yang tepat. Daripada emas perhiasan, investasi emas batangan atau koin lebih direkomendasikan karena terjamin melalui kelengkapan dokumen. Dan satu hal lagi adalah tujuan dari investasi ini. Investasi emas merupakan strategi jangka panjang sehingga tak mungkin diraih untungnya dalam waktu singkat. Singkatnya, Anda harus menunggu selama bertahun-tahun untuk memetik hasilnya.

2. Metode Penyimpanan
Investasi emas memang sangat menggiurkan, apalagi jika memilikinya dalam jumlah banyak. Namun wajib diingat bahwa emas yang dimiliki harus disimpan dalam tempat yang sangat aman. Untuk jumlah emas yang besar (misalnya lebih dari satu kilogram), sangat disarankan untuk menyimpannya di bank. Meski sudah menyimpan di bank, bisa jadi seseorang masih memilikinya di rumah. Nah, berhati-hatilah selama menyimpan emas di tempat pribadi, dan pastikan bahwa mereka akan terlindungi dengan sangat baik.

3. Mengawasi Investasi
Bagaimana mungkin mengawasi investasi emas yang telah disimpan dalam bank? Maksudnya bukan itu, melainkan mencermati dan menganalisis grafik perubahan nilai emas dari masa ke masa. Sudah pasti bahwa nilai emas akan selalu meningkat setiap tahunnya. Bahkan hanya dalam selisih beberapa tahun sudah bisa mencapai empat puluh persen lebih. Dengan selalu memantau pergeseran nilai tukar emas secara periodik akan membantu memudahkan pengambilan keputusan untuk melakukan penarikan/pertukaran.

4. Prioritas
Melakukan investasi berarti harus siap dengan sejumlah prioritas yang akan dihadapi. Emas memang selalu bernilai tinggi dan sangat cepat diuangkan. Namun, apakah setiap kali sedang butuh emas harus menukarkan simpanan emas? Hal itu sama saja dengan memiliki sejumlah uang di rekening tabungan, namun selalu mengambilnya sewaktu-waktu tanpa rencana deposito atau penyimpanan jangka panjang. Begitu juga jika hendak melakukan investasi dengan emas. Bersabarlah selama melakukan investasi dengan emas karena yang kelak akan memetik hasilnya adalah Anda sendiri. Bahkan sebisa mungkin untuk terus menambah investasi emas untuk melindungi rencana keuangan di masa depan.

Setiap orang punya pertimbangannya sendiri dalam melakukan investasi. Begitu juga dengan perencanaan mereka di masa depan. Oleh sebab itu, pelajarilah skema pertukaran emas dan mata uang dari tahun ke tahun, dengan selalu berpedoman pada Dasar-dasar investasi emas.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty