Dari Mana Harga Pasar Emas Berasal?

By on March 3, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,682 kali

Dari Mana Harga Pasar Emas BerasalInvestasi Emas – Dr Brian Lucey, Charles Larkin dan Fergal O’Connor mempertimbangkan sejumlah pertanyaan kunci tentang aktivitas perdagangan di pasar emas. Mereka menyajikan perspektif akademik untuk pertanyaan seperti dari mana harga pasar emas berasal, apakah satu lokasi pasar memiliki pengaruh dominan pada orang lain dan apakah penentuan harga merupakan suatu proses yang bercampur. Pasar emas di seluruh dunia itu sendiri menyebar, dengan perdagangan yang terjadi di bursa diatur di puluhan lokasi. Namun, tetap dalam banyak cara bipolar.

Selama ini  London masih mendominasi sebagai pusat perdagangan untuk emas dengan 86% dari bisnis terjadi di sana, sekitar 90% di antaranya adalah transaksi fisik. Sementara lebih dari delapan kali lebih kecil, options dan futures bursa Amerika adalah jauh lebih transparan dengan aliran konstan harga dan volume harian, informasi inheren kurang di pasar OTC London. Dan sementara pasar utama lainnya tumbuh, account mereka masih ada selama lebih dari 3% omset. Dengan demikian, analisis ‘pasar emas’ dapat dikurangi, sejauh yang mungkin dapat dilakukan, untuk analisis kedua pasar ini. Dari sini jelas, pertama, bahwa pasar utama tetap London dan New York dan kedua, jelas siapa yang ‘memimpin tarian’. Meskipun lebih besar, dominasi tempat perdagangan OTC di London membuat pengaruhnya lebih sulit untuk dipahami. Volume saja tak dengan sendirinya menciptakan pasar yang dominan.

Ini bukan fenomena yang unik untuk emas. Analis ekuitas dan obligasi harus bergulat dengan wacana tentang  pasar apa saja yang memimpin pasar yang lain selama beberapa dekade. Ada sejumlah besar kertas dan analisis di mana ada pasar yang memimpin dan pasar yang mengikuti, pada tingkat makro. Baru-baru ini telah ada kemajuan baik ekonomi dan metode statistik yang memungkinkan fokus tertentu untuk ditumpahkan pada masalah ini pada tingkat aset individu. Pertimbangkan misalnya saham ‘Siamese twin’, di mana klaim yang sama pada aset diperdagangkan di dua pasar. Contohnya mencakup Royal Belanda Shell Plc atau Unilever / NV, atau lebih umum lintas saham yang terdaftar. Bukti sangat banyak bahwa bahkan ketika saham harus bergerak bersama-sama dalam cara yang telah ditetapkan, saham – saham ini tidak. Oleh karena itu, saham – saham ini menunjukkan bahwa pasar membuat harga bukan hanya atas dasar pengembalian aset melainkan juga berdasarkan beberapa informasi ‘lokal’.

Jika kita memikirkan tentang emas kita bisa membayangkan dua spot pasar, dan melihat langsung dengan mengabstraksi dari perjalanan dan biaya terkait, harga satu ons emas di satu pasar harus kurang lebih sama dengan harga yang lain. Dengan beberapa modifikasi kita bisa melihat argumen serupa untuk emas berjangka dan pasar emas tunai.