Dampak Dari Stock Split Terhadap Harga Saham

By on December 8, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 154 kali

Investasi Saham – Stock split biasanya memang dilakukan pasca harga saham mengalami kenaikan. Berdasarkan pandangan suatu perusahaan, adanya stock split tersebut juga diharapkan mampu memberikan reaksi pada pasar yang positif terhadap harga stock. Selama berlangsungnya stock split, nominal nilai saham akan menjadi lebih rendah karena mengikuti faktor splitnya. Jadi penurunan dari nilai nominal itu juga diharapkan bisa diikuti oleh menurunnya harga dari saham ke level perdagangan yang optimal. Ada juga yang berpendapat bahwa kebanyakan perusahaan yang melakukan stock split tersebut didasari oleh alasan supaya harga dari saham tersebut berada di posisi optimal trading range, hal ini juga akan menjadikan peningkatan likuiditas untuk pemegang saham. Pada penelitian yang dilakukan juga turut ditemukan bahwa pasca adanya stock split tersebut maka harga dari saham akan cenderung mengalami penurunan sementara meskipun untuk selanjutnya naik kembali.

Dampak dari stock split untuk suatu volume perdagangan

Stock split memang bisa berpengaruh terhadap volume perdagangan serta semakin meningkatnya jumlah pemegang saham. Dalam hal ini dikarenakan apabila suatu saat harga dari saham yang akan ditawarkan itu rendah atau tidak begitu tinggi, maka ada banyak investor yang akan tertarik sehingga mereka akan membeli saham itu dan menjadikan volume perdagangan akan semakin meningkat sebab saham itu adalah saham yang aktif diperdagangkan.

Dampak dari stock split untuk frekuensi perdagangan saham

Frekuensi suatu perdagangan saham merupakan sebuah transaksi yang dilakukan beberapa kali dalam perdagangan jual beli saham yang bersangkutan untuk waktu tertentu. Jadi dengan dilakukannya stock split harga dari saham pun akan relatif lebih rendah sehingga menjadikan transaksi jual beli yang sedang terjadi untuk saham yang bersangkutan bisa terus meningkat. Sehingga dengan frekuensi perdagangan saham itu bisa kita ketahui mengenai suatu saham apakah diminati banyak investor apa tidak.

Dampak dari stock split untuk return saham

Dalam penelitian yang dilakukan, memang ditemukan bahwa pasca terjadinya stock split maka harga dari saham akan cenderung menurun untuk sementara waktu dan selanjutnya naik kembali. Jadi saham yang sedang diperdagangkan juga akan semakin likuid dan tentunya juga diminati para pelaku investasi. Dengan terjadinya kenaikan pada harga saham, maka hal itu jaga akan diikuti oleh naiknya return saham. Demikian ini juga bisa menjadi salah satu faktor mengapa para investor sangat tertarik dengan saham yang melakukan stockssplit.

Dampak dari stock split untuk volatilitas harga saham

Berdasarkan beberapa pakar, terjadinya suatu peningkatan pada volatilitas harga saham pasca adanya stock split itu dikarenakan adanya prosentase bid ask sprean dan price discretness untuk jenis saham yang harganya rendah. Poon dan Lamorex juga berpendapat bahwa adanya stock split itu bisa berakibat naiknya jumlah suatu transaksi serta saham yang sedang diperdagangkan yang mana volatilitas dari harga saham tersebut kemudian mengalami peningkatan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty