Daftar Kesehatan Finansial Anda

By on April 17, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,395 kali

Perencanaan Keuangan – Untuk mencari tahu apa bentuk keuangan di mana Anda berada saat ini, jawablah  pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut untuk Daftar Kesehatan Finansial.

Jika Anda sudah menikah, cetaklah ini dan membawanya pulang sehingga Anda dan pasangan Anda dapat bekerja sama untuk menjawab pertanyaan. Catat berapa banyak pertanyaan  yang Anda jawab ya dan berapa yang Anda jawab tidak.

1. Apakah Anda menggunakan lebih dan lebih dari penghasilan Anda untuk membayar hutang Anda?
2. Apakah Anda hanya membuat pembayaran minimum jatuh tempo pada pinjaman dan kartu kredit setiap bulan?
3. Apakah Anda dekat, pada, atau di atas batas kredit untuk kartu kredit Anda?
4. Apakah Anda membayar tagihan Anda dengan uang yang dimaksudkan untuk keperluan lain?
5. Apakah Anda meminjam uang atau menggunakan kartu kredit untuk membayar hal-hal yang digunakan untuk membeli dengan uang tunai?
6. Apakah Anda sering terlambat membayar tagihan Anda?
7. Apakah Anda menggunakan tabungan Anda untuk membayar tagihan saat ini?
8. Apakah Anda menunda kunjungan ke dokter atau dokter gigi karena Anda tidak mampu membayarnya?
9. Apakah Anda pernah didatangi agen penagihan yang disebut baru-baru ini tentang tagihan yang  terlambat dibayar?
10. Apakah Anda bekerja lembur atau melakukan  pekerjaan kedua untuk memenuhi kebutuhan?
11. Jika Anda atau pasangan Anda kehilangan pekerjaan Anda, Anda akan segera berada dalam kesulitan keuangan?
12. Apakah Anda banyak khawatir tentang uang?

Jika Anda menjawab “tidak” untuk semua pertanyaan pada daftar kesehatan finansial Anda, Anda masuk dalam gambaran individu yang memiliki kesehatan keuangan.

Satu atau dua jawaban “ya”, sementara tidak selalu merupakan tanda akan datangnya ajal, hal tersebut dapat menjadi tanda peringatan potensi adanya masalah. Sebelum hal-hal semakin memburuk, luangkan waktu sekarang untuk menyusun anggaran yang realistis (termasuk rencana tabungan) atau merevisi rencana pengeluaran Anda. Kurangi penggunaan kartu kredit, dan waspadai dengan ketat  tanda-tanda lain dari masalah keuangan.

Tiga sampai lima jawaban “ya” bisa berarti bahwa Anda telah menuju masalah keuangan. Adalah  penting bahwa Anda menempatkan pengeluaran Anda di bawah kontrol langsung. Apabila Anda tidak memiliki anggaran bulanan, buatlah satu dan mengikutinya. Singkirkan kartu kredit Anda dan potong semua pengeluaran yang tidak perlu sampai Anda dapat menjawab “tidak” untuk semua pertanyaan pada daftar kesehatan finansial di atas. Yah silahkan yang bermaksud menyingkirkan kartu kreditnya.

Jika Anda menjawab “ya” untuk lebih dari lima pertanyaan pada daftar kesehatan finansial, Anda mungkin sudah berada dalam kesulitan keuangan yang cukup serius. Tapi jangan putus asa. Konseling keuangan dapat mulai Anda jalani menuju pemulihan keuangan.