Coba Berbisnis Budidaya Jamur Kuping

By on January 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,072 kali

Budidaya Jamur KupingInspirasi – Anda tahu jamur kuping? Mungkin Anda lebih sering mendengar jamur tiram. Namun dengan tidak sadar pasti Anda pernah memakan jamur kuping ini. Jamur kuping pun tidak kalah terkenalnya dengan jamur tiram, jamur kuping sering dijadikan bahan masakan pada restoran, dan juga pada dapur Anda sendiri. Tahukah Anda budidaya jamur kuping ini bisa dijadikan prospek lahan bisnis yang menguntungkan. Kenapa? Karena permintaan dan banyak yang masih belum terjun di bisnis ini. Silahkan simak prospek bisnis budidaya jamur kuping.

Harga jamur yang stabil setiap tahunnya, bahkan cenderung meningkat

Harga jamur kuping termasuk yang paling stabil. Terakhir harga jamur kuping perkilonya adalah 9 ribu rupiah sampai 10 ribu rupiah. Tahun lalu, harga jamur kuping adalah 8 ribu rupiah. Tren naiknya jamur kuping karena permintaan yang semakin banyak, dan petani jamur atau pebisnis jamur kuping. Bahkan setiap bulan ramadhan, harga jamur kuping cenderung naik. Pada saat Idul Fitri, jamur kuping bisa naik sampai 3 ribu rupiah per kilonya.

Jamur kuping tidak mengenal musim

Jamur kuping adalah jenis tanaman yang tidak mengenal musim. Karena pembiakannya bisa dilakukan di kandang atau di dalam bangunan. Jadi, jamur kuping tidak berpengaruh dengan kondisi cuaca, baik cuaca panas atau penghujan sekalipun. Anda bisa membiakkan jamur kuping pada saat musim kemarau atau musim penghujan. Syaratnya adalah Anda harus rajin-rajin menyiram dan menjaga jamur kuping dari hama penyakit. Selain itu, pemilihan bibit jamur kuping juga berpengaruh.

Bukan bisnis musiman

Ini bukan termasuk bisnis musiman, jika Anda mengetahui bisnis musiman seperti bisnis yang berkaitan dengan hari raya atau hari kemerdekaan. Prospek bisnis budidaya jamur kuping ini sangat cerah karena tidak mengenal musim atau kejadian tertentu. Jadi, Anda tidak perlu takut misalnya jamur kuping tidak laku atau sudah tidak musim. Selain itu, Anda harus pintar-pintar bagaimana menjual dan terus menjaga kualitas dari jamur kuping.

Penjualan cukup gampang

Hampir setiap restoran atau pasar dapat menerima dalam jumlah bayak jamur kuping Anda. Banyak petani atau pebisnis yang merasa terbantu dengan hadirnya pengepul atau pembeli jamur kuping. Untuk mendapatkan harga yang lumayan tinggi, Anda bisa mengolah jamur kuping terlebih dahulu kemudian menjualnnya, karena harga jamur kuping tergantung dari jenis dan kualitas.

Perawatan sangat mudah

Untuk sekedar informasi, prospek bisnis budidaya jamur kuping yang paling dilihat adalah perawatannya yang mudah. Ketika Anda sudah mempunyai lingkungan yang baik, Anda tinggal menyirami bibit jamur kuping Anda. Ya, Anda tidak perlu menambah pupuk atau semprotan lainnya untuk jamur kuping Anda. Dengan penyiraman teratur Anda bisa membudidayakan jamur kuping.

 

 

Sumber: studentpreneur.co