Ciri Penipuan Investasi Emas

By on April 18, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,991 kali
investasi emas

Ciri Penipuan Investasi Emas

Terkuaknya penipuan investasi emas yang akhir-akhir ini sering terjadi membuat investor khawatir dalam berinvestasi emas.  Penipuan memang tak hanya merugikan si korban namun si penipu tentu juga akan dirugikan dengan hukuman yang didapat. Seperti penipuan investasi emas yang kerugian para nasabahnya mencapai puluhan milyar.

Anda tentu tak ingin menjadi korban penipuan investasi emas. Untuk itu penting mengenali cici penipuan seperti berikut:

Bunga yang ditawarkan 5% atau lebih. Waspadalah bila ada perusahaan investasi yang berani menawarkan bunga lebih dari 5% per bulan. Sebab kenaikan rata-rata harga emas atau logam mulia setiap tahun berkisar 15% – 35%. Itu artinya, kenaikan per bulan hanya berkisar 1,3% – 3%.

Hasil investasi berbentuk uang. Naik turunnya harga emas yang tak bisa diprediksi dengan cepat tentu tidak memungkinkan bila hasil investasi berbentuk uang. Investasi emas menghasilkan keuntungan emas, bukan uang.

Menggunakan website gratis. Media online merupakan promosi yang digunakan dalam berbagai bisnis. Bila pemilik investasi emas memilih domain gratis, yaitu selain .com atau .co.id, perlu diwaspadai. Tak hanya soal domain, dalam website pun seharusnya menyertakan akte notaris, SIUP, atau NPWP.

Tidak punya kartu identitas. Bila Anda menjumpai sales dari perusahaan investasi pastikan ia memiliki identitas anggota (business card). Bila tidak, tentu merupakan penipuan. Keanggotaan sales pun bisa Anda cek langsung dengan menghubungi perusahaan.

Tidak bekerjasama dengan jasa expedisi. Dalam pengiriman tentu perusahaan investasi harus berhubungan dengan jasa expedisi. Perusahaan itu bisa dipastikan penipu bila pada jasa expedisi tak ada record perusahaan tersebut. Tetapi kini hanya ada dua jasa expedisi yang bisa melayani jasa antar emas seperti yang digunakan PT Antam. Kebanyakan jasa expedisi selalu menolak mengirim barang berharga berupa emas atau uang.

Semoga tips diatas membantu Anda, selalu ingat untuk lebih teliti sebelum memutuskan terjun ke dunia investasi apapun, tak hanya emas. (John Luchman, KompasForum)