Cara Trading Online

By on April 14, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,023 kali

Investasi Saham – Barangkali masih banyak orang yang lebih menyenangi melakukan trading dengan cara keluar masuk  pasar modal atau datang ke pasar valas. Mereka sudah terlanjur terbiasa dan atau kebablasan menikmati bentuk trading seperti ini. Bukan berarti mereka tidak pernah mendengar adanya cara trading yang lebih hemat waktu dan efisien, hanya saja mungkin sudah menjadi style mereka melakukan trading wara-wara wiri seperti tukang cendol. Bagaimanapun trading konvensional seperti itu tidaklah jelek, setidaknya akan lebih mudah bertemu dengan lebih banyak pakar. Jika Anda mewakilkan, Anda juga dapat melakukannya hanya dengan mengangkat telepon eh salah ya….mengangkat gagang telepon dan meminta manajer investasi Anda melakukan eksekusi untuk Anda.

Ada satu alternatif apabila Anda tidak mau mondar-mandir membuang waktu dan mempercayakan akun Anda kepada pihak lain. Caranya adalah dengan melakukannya secara online. Trading online, dewasa ini justru dikenal terlebih dahulu oleh para netter dan trader pemula daripada trading konvensional. Dengan layanan dan kecepatan internet yang meningkat setiap hari, kini lebih banyak pelaku lama yang beralih ke trading online demikian juga dengan pemula yang mungkin mengawalinya dari sebuah iklan di internet.

Hanya dengan satu perangkat komputer, laptop atau tablet dan koneksi internet, Anda sudah dapat memenuhi syarat melakukan trading online. Bagi mereka yang masih senang menggunakan komputer, akan lebih baik menambahi perangkat UPS sehingga modal Anda tidak hilang saat saluran listrik mati. Setelah itu Anda harus mendaftar pada salah satu broker trading yang memfasilitasi trading online. Standar pendaftaran tentu saja Anda harus mencantumkan nama, alamat dan lain sebagainya. Kemudian pilihlah salah satu yang sesuai misalnya saja dengan kemampuan kantong Anda. Untuk valas biasanya sering dikenal dengan akun standard an akun mini. Akun standar akan mensyaratkan modal yang lebih besar daripada akun mini. Untuk Pasar modal, dana yang dibutuhknan biasanya lebih besar. Jika Anda lebih senang dengan modal kecil, Anda harus bermain di saham gorengan. Namun perlu diperhatikan, saham gorengan bukan permainan para amatir, Anda harus benar-benar menguasai strateginya.

Usai mendaftar, silahkan melakukan deposit untuk akun baru Anda. Sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu layanan apa yang akan memudahkan Anda melakukan deposit. Misalnya jika Anda telah memiliki kartu kredit, Anda dapat melakukan deposit dengan kartu kredit. Ini hanya salah satu contoh di samping sejumlah metode lain untuk melakukan deposit yang masih dapat Anda pilih.

Setelah Anda mendaftar, Anda akan menerima username dan password Anda yang dapat digunakan untuk masuk ke panel trading Anda. Untuk platform-platform tertentu, Anda sering diwajibkan mendownload alat bantu yang harus diinstall di komputer / laptop Anda sehingga Anda dapat mengakses panel trading Anda atau setidaknya mengakses peralatan-peralatan untuk analisa teknikal Anda. Ada platform yang mengintegrasikan segala aktifitas eksekusi Anda dalam satu meta trader, platform lain tetap mewajibkan Anda melakukan eksekusi melalui website. Ada platform yang bahkan tidak membutuhkan Anda mendownload apapun sehingga trading langsung eksekusi di website. Tapi maaf, ini berbahaya.

Namun sebelum Anda mengutak-atik panel trading Anda, silahkan melakukan deposit untuk akun baru Anda. Sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu layanan apa yang akan memudahkan Anda melakukan deposit. Misalnya jika Anda telah memiliki kartu kredit, Anda dapat melakukan deposit dengan kartu kredit. Ini hanya salah satu contoh di samping sejumlah metode lain untuk melakukan deposit yang masih dapat Anda pilih.
Setelah itu ingat untuk tetap menggunakan segala alat bantu yang dapat Anda miliki yang membuat Anda merasa nyaman dalam mendukung Anda melakukan analisa teknikal. Alat-alat ini biasanya disebut indikator. Indikatorpun ada beberapa macam. Dan sejujurnya akan selalu diciptakan yang terbaru sepanjang trading online masih ada di dunia pasar saham dan pasar valas. Untuk keduanyapun indikator yang digunakan tidak berbeda, hanya menyesuaikan dengan kenyamanan Anda sendiri.

Indikator-indikator biasanya sudah bawaan dari alat bantu Anda. Banyak juga yang menjualnya atau menshare di forum-forum yang dapat Anda install sendiri sehingga alat bantu Anda (biasanya disebut Meta Trader) menjadi lebih powerful. Indikator-indikator yang umum adalah RSI, EMA, SMA, Fractals, Zigzag, Bollinger Bands, Stochastic dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui fungsi masing-masing, silahkan Anda pelajari di artikel-artikel kami yang lain.

Kemudian untuk melakukan eksekusi, sekali lagi tergantung dari platform di mana Anda begabung. Yang penting Anda harus selalu melibatkan indikator dan tunggu waktu yang tepat saat indikator-indikator tersebut menyatakan Anda harus membeli atau menjual. Ada platform yang memungkinkan Anda melakukan trading tidak terikat waktu melainkan berdasarkan pip. Berapa pip yang Anda Ambil apakah itu akan diperoleh dengan cepat atau lambat, tidak masalah. Ada pula platform yang berdasarkan waktu sehingga dalam waktu yang sudah disepakati misalnya dalam 30 menit jika pilihan yang Anda tetapkan sama dengan tren pasar maka Anda memperoleh profit. Stop loss, pending order, trailing stop dan instilah-istilah lain dalam menentukan eksekusi dapat Anda pelajari dalam artikel-artikel kami yang lain.