Cara Trading Aman I

By on April 20, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,368 kali

Edukasi – Dapatkah kita sebagai seorang trader melakukan trading secara aman 100%? Sejauh ini memang belum ada cara untuk keamanan 100%. Hal itu bukan berarti kita tidak dapat melakukan pengamanan berlapis untuk trading kita. Seperti ungkapan yang sering kita dengar di kalangan trader: ‘high risk high return’, dan ada juga ‘low risk low return’. Dalam kedua ungkapan tersebut kata risk yang berarti risiko selalu terlibat. Belum pernah ada satupun trader yang mengatakan :’zero risk low return’ misalnya. Tidak ada satupun yang dapat menjamin. Satu-satunya jaminan adalah  bahwa keamanan dapat ditingkatkan atau risiko dikurangi, hanya itu saja.
Keamanan dalam melakukan trading dibagi menjadi tiga yaitu  Keamanan Akses, Keamanan Prosedur dan Keamanan Strategis. Dalam artikel ini akan dibahas khusus bagi para pelaku trading online.

Keamanan Akses

Adalah keamanan yang menyangkut akses. Bahkan saat Anda tidak sedang melakukan trading, keamanan akses  tetap harus dijaga. Contoh keamanan akses adalah keamanan Anda dalam menjaga username (nama pengguna) dan password Anda jika Anda melakukan trading online.

Memastikan keamanan akses kepada broker. Anda berhak bertanya apakah teknologi yang digunakan oleh broker adalah teknologi anti phising, anti hacker dan anti virus terbaru yang selalu siap sedia menjaga akses Anda tetap aman. Hal ini perlu menjadi bahan pertimbangan Anda karena teknologi yang kurang terupdate dapat berakibat fatal pada data akun Anda. Eksesnya jika bukan seluruh data diganti tangan jahil yang membuat Anda kehilangan akses pada akun Anda sendiri, maka mungkin data tidak diganti namun profit Anda yang belum sempat Anda withdraw lenyap lebih dulu. Ini berdasarkan pengalaman penulis sendiri. Maka pastikan jika Anda bermaksud menampung profit Anda di akun Anda, Anda sudah memahami betul tingkat keamanannya.

Menambahkan proteksi internet berbayar di komputer, laptop atau tablet Anda sendiri (proteksi email, proteksi identitas, proteksi website dan firewall) akan sangat membantu. Jangan lupa untuk selalu melakukan update untuk sistem proteksi internet Anda dan jangan gunakan yang gratisan karena sistem proteksi gratisan tidak lengkap, biasanya masih banyak bug, masih dalam uji coba dan yang jelas belum sempurna.

Keamanan Prosedural

Keamanan prosedural lebih kepada prosedur sehari-hari yang Anda gunakan dalam melakukan trading. Keamanan ini lebih pada faktor pribadi ketimbang keterlibatan pihak lain. Keamanan ini berkaitan dengan kebiasaan dan kemauan Anda membiasakan diri. Contohnya jika Anda terburu-buru, Anda melakukan prosedur yang salah namun berakibat fatal. Anda memasukkan angka (nilai) yang salah, mengklik simbol yang salah yang sama sekali bukan maksud Anda. Anda sudah berlama-lama menunggu waktu yang tepat masuk market namun ketika saat eksekusi, karena terburu-buru, Anda salah mengklik atau menentukan data: timeframe, nilai, simbol dll. Cara mengamankannya, Anda harus berlatih dengan disiplin menaklukkan kesabaran dan meningkatkan ketelitian Anda. Tidak bisa tidak. Sejenius apapun jika Anda ceroboh, modal akan cepat hilang sia-sia hanya karena kesalahan-kesalahan kecil. Apa jadinya bila seorang guru salah mengisi angka rapor murid-muridnya? Pasti kena damprat wali murid buakn? Itu hanya sekadar damprat Bro, tidak terlalu menyakitkan. Menyakitkan jika Anda salah memasukkan angka dan modal Anda raib seketika. Sakitnya tuh di situ dah pastinya! Hati-hati dan waspada, kesalahan prosedural justru sering terjadi. Perlakukan modal Anda seperti buah hati Anda, soft and gentle seperti lagunya Mbah Elvis hehehe! Bersambung…