Cara Sukses Dalam Berinvestasi Reksadana

By on August 26, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 372 kali

Investasi Reksadana – Bagaimana sih cara sukses berinvestasi reksadana  yang paling tepat untuk dilakukan? Bentuk pertanyaan yang satu ini seringkali ditanyakan oleh para investor yang mulai masuk dalam bidang investasi reksadana. Seperti yang masyarakat umumnya ketahui, bahwa saat ini jenis investasi reksadana dikategorikan sebagai bentuk investasi yang tengah booming di pasaran. Hal ini bahkan dapat dibuktikan dari meningkatnya jumlah para investor yang menginvestasikan dananya dalam jenis investasi reksadana ini dari tahun lalu menuju tahun selanjutnya.

Berkaitan dengan investasi, tentunya para investor sudah paham betul mengenai nilai positif dan juga negatif dari jenis investasi itu sendiri. Karena hal itulah banyak diantaranya para investor yang bahkan mulai keranjingan dalam menanamkan modal untuk investasi reksadana yang tengah dilakukan olehnya. Mereka melakukan hal tersebut, karena menganggap bahwa investasi adalah cara tepat yang bisa diandalkan dalam membuat tabungan dengan mendapatkan dana passive income. Untuk membuat investasi reksadana yang Anda lakukan berjalan dengan baik dan juga dapat meraih kesuksesan dengan mudah, maka cobalah untuk mengikuti beberapa kiat sukses dalam investasi reksadana di bagian bawah ini :

Perencanaan keuangan

Sama halnya dengan melakukan bisnis dalam bidang lainya, dalam hal investasi pun perencanaan juga menjadi bentuk hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini berkaitan dengan tujuan dari dilaksanakannya investasi tersebut dan juga penentuan hasil investasi yang hendak dipergunakan untuk apa. Dengan adanya bentuk perencanaan tersebut, maka Anda dapat lebih mengetahui dengan pasti tujuan apa yang Anda inginkan dalam melakukan investasi tersebut, apakah investasi ini ditujukan untuk penanaman modal bagi membuat suatu bentuk bisnis atau pun usaha yang baru atau hanya untuk memenuhi materi tertentu saja, seperti halnya pembelian rumah, kendaraan, dan lain sebagainya. Dengan melakukan perencanaan keuangan dari awal, maka katika Anda meraih kesuksesan pun Anda tidak akan mengalami bentuk kesulitan apapun lagi saat hendak menyalurkan hasilnya dalam beberapa bentuk plot tertentu, hal ini dikarenakan sudah adanya bentuk perencanaan tersebut.

Penggunaan uang nganggur

Saat Anda memiliki uang nganggur ada baiknya apabila uang tersebut Anda gunakan untuk dana investasi, yang dimaksud dengan uang nganggur adalah uang sisa yang memang tidak terdapat kebutuhan penting yang harus dipenuhi olenya. Dengan uang tersebut Anda bisa memulai investasi, meskipun dalam jumlah yang tidak besar, tapi bisa saja uang tersebut justru membangkitkan keuntungan yang besar dalam investasi reksadana yang hendak Anda lakukan.

Kenali profil resiko

Ketika hendak melakukan investasi, tentunya Anda akan diberikan beberapa bentuk penawaran dari progran atau pun bentuk investasi dari danareksa yang berbeda-beda. Dengan mengamati setiap bentuk penawaran tersebut, tentunya Anda dapat lebih memperhatikan mengenai profil dari resiko dan juga tingkat keuntungan yang mungkin Anda dapatkan suatu hari nanti. Sehingga Anda pun tidak perlu merasa khawatir apabila Anda sudah mengetahui mengenai profil resiko yang mungkin menghampiri dana investasi yang Anda miliki.

Kenali jenis investasi reksadana

Sama halnya dengan kiat sukses yang terdapat pada bagian di atas, untuk bagian yang satu ini Anda juga diwajibkan untuk mengetahui dengan lebih pasti mengenai jenis investasi reksadana yang tersedia. Karena dengan mengetahuinya secara pasti, maka Anda pun dapat memilih jenis investasi yang paling tepat dan juga sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Pembelian reksadana secara berkala

Dalam melakukan investasi yang satu ini, ada baiknya jika Anda melakukan pembelian juga secra rutin dalam jangka waktu berkala. Hal ini lebih memungkinkan bagi Anda untuk mendapatkan bentuk keuntungan yang jauh lebih bervariatif dari pada melakukan pembelian dimuka saja, dan tidak diikuti secara berkala, Dengan demikian, maka keuntungan yang Anda dapat pun mungkin hanya diam dalam jumlah tertentu saja.

Demikianlah beberapa kiat sukses yang bisa Anda lakukan dalam cara sukses berinvestasi reksadana yang tepat.