Cara Registrasi untuk menjadi Nasabah Baru Asuransi

By on July 28, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 737 kali

Asuransi – Dewasa ini terdaftar menjadi salah satu nasabah asuransi seolah menjadi sebuah kebutuhan manusia moderen. Dimana perlindungan menjadi mutlak diperlukan mengingat keadaan alam, kondisi ekonomi serta kondisi kesehatan yang sulit diprediksi ini berpotensi menimbulkan peristiwa tidak menyenangkan dapat terjadi secara tiba-tiba kepada diri kita sendiri atau orang-orang terkasih. Mempersiapkan masa depan sang buah hati dalam mendapatkan fasilitas pendidikan terbaik juga tidak kalah menjadi perhatian para orang tua ditengah biaya sekolah yang semakin mahal, asuransi pendidikan pun diambil sebagai upaya dalam merencanakan jenjang pendidikan yang akan ditempuh sang buah hati. Itulah sebabnya pengambilan produk asuransi dirasa perlu sebagai bekal dalam menghadapi berbagai resiko dimasa depan.

Hal-hal yang Perlu di Pertimbangkan Sebelum Melakukan Registrasi

Sebelum memutuskan untuk melakukan registrasi sebagai nasabah asuransi Anda perlu memilih perusahaan asuransi serta jenis asuransi yang dirasa memenuhi kebutuhan Anda dengan berbagai ketentuan yang dapat membuat Anda nyaman. Saat ini terdapat banyak perusahaan asuransi yang membuat Anda memiliki kemampuan untuk memilih salah satu diantaranya dengan mencari tahu mengenai kinerja serta fasilitas yang ditawarkan perusahaan asuransi tersebut kemudian membandingkan perusahan asuransi satu dengan perusahaan lainnya dengan teliti sehingga Anda mendapatkan perusahaan asuransi yang cocok dengan kebutuhan Anda dengan perlindungan menyeluruh didalam satu produk. Dalam perjalanannya Anda dapat dibantu oleh agen asuransi berpengalaman, berlisensi dan yang dapat Anda percaya untuk membantu Anda dalam menjelaskan mengenai perusahaan asuransi tersebut mulai dari berbagai produk yang ditawarkan, premi yang harus dibayar dan ketentuan-ketentuan lainnya. Anda dapat mengutarakan segala kebutuhan Anda secara jelas sehingga agen asuransi dapat memberi saran mengenai jenis asuransi yang sebaiknya Anda gunakan.

Persyaratan menjadi Nasabah Baru Asuransi

Untuk menjadi salah satu nasabah asuransi yang terdaftar pada sebuah perusahaan asuransi, ada beberapa persyaratan yang perlu calon nasabah penuhi pada saat melakukan registrasi salah satunya adalah pengisian beberapa formulir calon nasabah baru yang disertai dengan penyerahan kartu identitas diri atau KTP dan persyaratan identitas lainnya. Jika Anda akan merencanakan masa depan pendidikan anak Anda melalui produk asuransi pendidikan maka orang tua perlu menyerahkan kartu identitas dirinya serta akte kelahiran sang anak, namun jika Anda bermaksud ingin mengambil produk asuransi jiwa maka Anda diharuskan mengisi dan menandatangani SPAJ atau Surat Pengajuan Asuransi Jiwa yang berisi ketentuan-ketentuan yang telah dibuat oleh pihak perusahaan asuransi tersebut, selanjutnya Anda perlu menyerahkan sebuah bukti pembayaran premi pertama.

Kelengkapan administrasi tersebut akan digunakan dalam pembuatan polis yang akan mengatur hak dan kewajiban antara Anda sebagai pihak pertama yang menjadi pihak penanggung dengan perusahaan asuransi atau pihak kedua yang menjadi pihak tertanggung dimana polis asuransi ini akan menjadi bukti sah yang dimiliki nasabah untuk mengajukan klaim asuransi. Anda juga dapat memperoleh fasilitas lainnya dalam kapasitas Anda sebagai  nasabah asuransi.

Selain persyararatan tersebut, beberapa perusahaan asuransi juga turut mencantumkan beberapa persyaratan khusus yang terkadang berbeda dengan perusahaan asuransi lainnya walaupun demikian biasanya persyaratan yang kenakan tidak akan mempersulit calon nasabahnya. Untuk seterusnya Anda diharuskan untuk melakukan pembayaran premi selanjutnya melalui kasir kantor pusat atau dikantor cabang perusahaan asuransi tersebut, dititipkan ke agen asuransi atau melalui alat pembayaran alternatif lainnya yang mendukung sistem pembayaran pihak perusahaan asuransi tersebut misalnya sistem auto debet atau ATM. Dalam hal mendapatkan klaim asuransi Anda dapat menghubungi kantor cabang yang ada di kota Anda atau menghubungi agen asuransi.