Cara Murah Untuk Promosi Bisnis Anda

By on February 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,883 kali

Cara Murah Untuk Promosi Bisnis AndaStart-Up Bisnis – Banyak bisnis yang dulunya kecil, tetapi sekarang besar karena cara marketingnya yang tepat. Bahkan bisnis dengan dana marketing yang sangat minim pun bisa menjadi besar. Tetapi tidak sedikit pula bisnis mempunyai dana marketing yang besar. Lalu apakah Anda dapat menyaingi perusahaan dengan budget marketing yang besar? Jawabannya tidak. Tetapi bisnis Anda bisa besar dengan marketing berbudget murah.

Gunakan komunitas

Inilah gunanya berkomunitas, Anda bisa mendapatkan pelanggan dari komunitas. Anda tidak perlu jauh-jauh berpikir bagaimana mengiklankan bisnis Anda. Lihat dulu disekitar Anda, Anda harus memanfaatkan komunitas yang ada disekitar Anda. Jika Anda tidak pernah mengikuti komunitas, Anda harus segera bergabung dan jelaskan bisnis Anda kepada mereka.

Kolaborasi

Anda bisa melakukan kolaborasi dengan bisnis lain. Ini bukan kolaborasi yang mengharuskan Anda merger. Anda bisa menggunakan cara lain seperti bertukar pamphlet atau menggunakan voucher promosi. Cara ini juga berguna untuk bertukar pengalaman antar pebisnis.

Suruh pelanggan ajak temannya

Walaupun terlihat sepele, ini adalah hal yang lumayan penting dalam berbisnis. Misalnya, Anda bisa melihat mana pelanggan yang senang dengan produk Anda. Dan jangan ragu untuk memberitahu mereka agar mengajak beberapa teman agar juga menggunakan produk Anda. Cara ini sangat ampuh, jika Anda bingung sebenarnya ini adalah cara apa, ini adalah cara promosi dari mulut ke mulut.

Berikan diskon

Jangan sungkan-sungkan untuk memberikan diskon kepada pelanggan Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan diskon ketika sudah membeli produk Anda 3 sampai 4 kali. Cara ini dapat sangat ampuh untuk menarik pelanggan. Gunakan juga kupon yang dapat dikumpulkan beberapa kali untuk mendapatkan potongan harga. Selain diskon, Anda juga bisa memberikan sample atau gratis.

 

Anda yang menjadi marketers

Ini adalah cara yang terakhir, Anda yang menjadi marketing untuk bisnis Anda sendiri. Sebenarnya, ini adalah hal yang wajib Anda lakukan, Anda harus habis-habisan mempromosikan bisnis Anda sendiri. Ini adalah cara marketing paling murah dan bahkan gratis. Walaupun Anda tidak terlalu bisa untuk berpromosi, Anda bisa menggunakan cara lain. Misalnya bertukar kartu nama atau promosi lewat sosial media pribadi Anda. Pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa berpromosi kepada keluarga, saudara dan teman dekat-dekat Anda.

 

Sumber: studentpreneur.co