Cara Mudah dan Efektif dalam Membangun Bisnis Investasi Properti

By on February 2, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 272 kali

Investasi Properti – Tips membangun bisnis investasi properti, menjadi topik yang banyak dibicarakan mengingat sektor bisnis ini memberikan banyak keuntungan bagi para penggiat bisnis. Dengan keuntungan yang menjanjikan, investasi properti dinilai sebagai salah satu jenis investasi yang mempunyai prospek masa depan yang bagus. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan properti yang semakin tinggi dari hari kehari dengan harga selalu mengalami kenaikan.

Berbagai keuntungan yang digadang-gadangkan ini tentunya tidak lepas dari berbagai resiko yang turut menyertainya, sehingga tidak mengherankan jika berbagai tips membangun investasi properti cukup membantu dalam membuat sebuah bisnis dapat tetap bertahan bahkan berkembang ditengah tingginya minat masyarakat pada sektor bisnis ini.

Investasi ini juga beragam jenisnya mulai dari investasi dalam bentuk hunian, apatemen, ruko, kos-kosan, kios untuk memulai usaha sampai properti tanah. Berbeda jenis investasi properti maka berbeda pula mekanisme yang digunakan selain juga modal yang harus dikeluarkan. Adanya pengetahuan yang cukup mengenai investasi properti membuat calon investor dapat mengetahui berbagai resiko dan dapat segera mengantisipasinya dengan pengambilan keputusan yang tepat. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam membangun bisnis dibidang investasi properti yang mudah dilakukan dan efektif diantaranya adalah:

Cara Cerdas Investasi Tanah

Walaupun tidak dapat disewa dan cukup sulit untuk dijadikan agunan bank, namun minat sebagian besar masyarakat dalam berinvestasi tanah tetap tinggi karena investasi tanah memberikan banyak keuntungan salah satunya adalah nilai return yang cukup besar. Hal ini tidak lepas dari harga tanah yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya dengan penurunan yang dapat dikatakan mustahil. Selain itu keuntungan lainnya adalah biaya perawatan yang sangat kecil dan tidak memerlukan asuransi karena dinilai cukup aman.

Dalam melakukan investasi tanah ada beberapa langkah yang perlu calon investor lakukan sehingga investasi berpotensi memberikan keuntungan diantaranya adalah:

  • Memastikan legalitas dari tanah yang pastikan dengan kelengkapan surat-surat. Pastikan juga tanah tersebut tidak memiliki masalah lainnya yang dapat memberi Anda masalah dikemudian hari.
  • Pilihlah kawasan yang dapat menarik minat calon konsumen seperti tanah yang berada dikawasan dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi, berada dilingkungan dengan aktivitas ekonomi yang tinggi, berada dipinggiran jalan-jalan besar, berada dikawasan industrialisasi, berada di lokasi yang aman, tenang dan nyaman atau berada di lokasi yang dekat dengan kemudahan dalam menggunakan kendaraan umum.
  • Harga tanah akan meningkat tajam seiring perjalanan waktu. Oleh karena itu untuk memperoleh keuntungan yang cukup besar, Anda dapat menjual tanah setelah menunggu sekitar 3 sampai 6 tahun.

Cara Cerdas Investasi Bangunan

Investasi apartemen, rumah serta bangunan lainnya memberi banyak keuntungan diantaranya adalah nilai return yang menjanjikan walaupun tidak setinggi investasi tanah, dapat terjual dengan cepat dan mudah serta dapat dijadikan agunan bank. Anda bahkan dapat tetap mendapatkan keuntungan lainnya walaupun Anda tidak ingin menjual properti tersebut yaitu berupa pendapatan tambahan sengan cara menyewakannya. Sementara kekurangan dari investasi ini adalah harus membayar PBB, harus diasuransikan dan harus mengeluarkan biaya perawatan sehingga membuatnya lebih mahal daripada investasi tanah. Nilai return-nya pun tidak sebesar investasi tanah.
Dalam melakukan investasi properti ini ada beberapa langkah yang perlu calon investor lakukan sehingga investasi berpotensi memberikan keuntungan diantaranya adalah:

  • Menjualnya saat harga naik. Anda perlu menunggu hingga beberapa tahun setelah membelinya sehingga harga dari properti tersebut dapat melonjak tinggi dan Anda pun memperoleh keuntungan yang tinggi juga.  Dalam proses menunggu ini Anda dapat menyewakannya sehingga tetap memperoleh tambahan penghasilan.
  • Memperhatikan risiko kerusahan yang mungkin di timbulkan dari properti tersebut dengan cara mengasuransikanya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerugian yang mungkin timbul dari bencana seperti gempa bumi sampai peristiwa kebakaran. Pastikan juga properti berada dikawasan yang nyaman, aman dan tenang serta terbebas dari resiko banjir.
  • Berada dikawasan yang strategis. Dekat dengan akses pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, tempat berbelanja  atau tidak terlalu jauh dengan jalan utama dengan akses kendaraan umum yang mudah termasuk kedalam jenis properti yang banyak diminati.
  • Rutin dalam melakukan perawatan dan pengecekan. Selain itu lakukan juga renovasi jika diketahui terdapat beberapa kerusakan pada properti tersebut.

Beberapa langkah tersebut bertujuan agar properti mudah dijual dan memiliki nilai yang tinggi. Demikianlah informasi mengenai berbagai tips membangun bisnis investasi properti, semoga dapat bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty