Cara Menghitung Pajak Bumi dan Bangunan

By on December 30, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 441 kali

Perencanaan Keuangan – Mungkin banyak diantara anda masa sedikit mengetahui penjelasan pajak bumi dan bangunan serta cara menghitungnya. Apalagi untuk anda yang sebenarnya sudah wajib untuk membayar pajak tapi tidak membayar pajak karena perkara tidak mengetahui bagaimana cara menghitung pajak.

Pajak Bumi Dan Bangunan

Dasar penghitungan pajak bumi dan bangunan biasanya dilihat dari nilai jual objek pajak merupakan harga rata dari yang didapatkan dalam sebuah transaksi saat jual dan beli dengan sangat wajar. Tapi jika tak ada proses jual dan beli maka penentuannya biasa dilihat dengan melakukan perbandingan antara harga dengan objek lainnya yang biasanya didapatkan dari nilai jual objek pengganti.

Membandingkan harga denganobjek pengganti yang sama sebenanya sebuah cara yang dilakukan untuk menentukan nilai jual dari objek pajak yang akan dilakukan dengan melakukan perbandingan dengan objek lainnya yang sebenanya masih sama, memiliki lokasi yang dekat, memiliki fungsi sama dan sudah diketahui harga jual barangnya.

Sedangkan Nilai baru sendiri adalah sebuah metode yang dilakukan dengan melihat nilai jual dari objek pajaknya dengan melakukan penghitungan dari semua biaya apapun yang dikeluarkan saat mendapatkan jenis objek pajak disaat melakukan penilaian atau melakukan pengurangan sesuai dengan apa yang terjadi pada kondisi nyata dari objek dari pajak.

Nilai jual pengganti adalah sebuah cara dan metode dimana menentukan nilai dari jumlah pajak yang dilihat dari hasil produksi dari objek pajak.

Jika anda akan membeli rumah dan juga tanahnya maka anda untuk NJOPnya adalah jumlah rata – rata penjualan yang biasanya diterapkan oleh kantor pajak daerah masing – masing. Dan biasanya beberapa faktor yang menetukan NJOP tanah diantaranya adalah Letak dari tempat objek, Pemanfaatan dari objek pajak, Fungsi dari objek dan kondisi dari lingkungan. Sedangkan untuk bangunannya biasanya ditentukan berdasarkan bahan yang digunakan untuk membangun bangunan, desain objek, letak dan juga kondisi dari lingkungannya.

Istilah Dalam menghitung Pajak Bumi dan Bangunan

Dalam penghitungan pajak bangunan biasanya ada beberapa istilah diantaranya adalah :

  • PBB untuk Pajak bumi dan bangunan
  • NJOP untuk nilai jual dari objek pajak
  • NJKP untuk nilai jual dari objek kena pajak
  • NJOTKP untuk nilai jual untuk objek yang tidak kena pejak.

Untuk menghitung jumlah Pajak Bumi dan Bangunan biasanya masuk dalam NJKP yang jumlahnya berupa presentasi dari NJOP. Untuk presentasi dari NJKP biasanya untuk nilai terendahnya adalah 20% sedangkan yang paling tinggi adalah 100%. Peraturan presentasi ini sendiri sudah ditetapkan oleh Undang – Undang Pemerintah.
Jika dirumuskan akan mendapatkan hasil sebagai berikut ini :

0,5% Presentasi NJOP  x  Tarif tetap ( berdasarkan UU) = NJKP

Rumus Cara Menghitung Pajak Bumi dan bangunan

Untuk menghitung Nilai bangunan maka rumusnya adalah :

Bangunan + Taman – NJOPTKP = Nilai Bangunan

Untuk menghitung Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP maka rumusnya adalah :

Nilai bangunan + Nilai Tanah = NJOP

Selanjutnya untuk menghitung Pajak Dan Bangunan maka rumusnya adalah

0.5% dari Nilai bangunan x Presentasi NJOP  x Nilai Bangunan = Pajak Bangunan
0.5% dari Nilai tanah x Presentasi NJOP  x Nilai Tanah = Pajak Bumi
Jumlah Pajak bumi + Pajak Bangunan = PBB

Setiap orang yang memiliki bangunan maka diwajibkan untuk membayarkan pajak sesuai dengan ketentuan. Anda juga diberikan hak untuk melakukan protes jika jumlah pajak yang dibayarkan tidak sesuai dengan melakukan penghitungan ulang. Nah inilah penjelasan pajak bumi dan bangunan serta cara menghitungnya yang cukup singkat. Semoga bisa membantu anda dalam mengurus Pajak Bumi dan bangunan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty