Cara Menghindari Penipuan Properti

By on July 7, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 287 kali

Investasi Properti – Sejak beberapa tahun lalu, perkembangan bisnis properti di tanah air cukup positif. Dari tahun ke tahun, makin banyak orang yang terjun ke bidang investasi properti dan seolah tak mau ketinggalan dengan mereka yang sudah lama berpengalaman dalam model bisnis ini. Beragam penawaran investasi properti pun kini semakin sering dijumpai. Berbagai jenis dan bentuk investasi yang ditawarkan telah menandai gejolak baru dalam dunia ekonomi, khususnya di tanah air. Setelah sekian tahun hampir tak mengalami kemajuan di bidang industri terkait, mulai banyak pihak yang menggantungkan masa depan mereka pada investasi properti.

Tetapi yang patut diwaspadai ialah risiko penipuan properti yang menjanjikan investasi dengan keuntungan besar. Memang benar bahwa investasi ini bisa mendatangkan keuntungan melimpah asalkan dijalankan secara tepat. Namun yang seringkali menjadi sasaran ialah para pemula yang tak punya banyak pengalaman dalam menerapkan skema investasi tersebut. Mereka yang gampang terpikat dengan penawaran-penawaran tersebut sering menjadi sasaran empuk bagi pihak-pihak tak bertanggungjawab.

Hindarilah penipuan berkedok tawaran investasi properti dengan melakukan beberapa hal berikut:

Kejelasan Informasi
Tawaran semacam apakah yang menarik Anda? Sebagus apa pun penawaran properti, kalau sumber informasinya sendiri kurang jelas hanya akan menyulitkan Anda. Carilah tawaran investasi dari pihak yang dapat dipercaya. Bagaimana Anda bisa menemukannya? Pastikanlah dengan mengecek akurasi dan validitas informasi dari tawaran investasi tersebut.

Rasio dan Prioritas
Menjumpai penawaran investasi dengan peluang untuk yang cukup besar memang akan sangat mudah memikat perhatian seseorang. Tawaran tersebut kadang tidak bisa ditolak lagi karena sudah terlanjur menganggap bahwa untung yang didapatkan akan sangat besar. Mau bagaimana pun, kalau Anda ingin untung dalam menanamkan modal properti, prioritaskan rasio dan jangan melibatkan emosi atau perasaan. Jangan mudah tergiur janji karena yang ditawarkan secara berlebihan biasanya mencurigakan.

Mengenali dan Memahami Konsep
Jika mendapatkan tawaran investasi properti, cermati dulu setiap informasi di dalamnya. Anda harus mengenali dan memahami konsep serta proyeksi manfaatnya di masa depan. Melalui perencanaan dan kalkukasi yang lebih cermat, konsep investasi properti seharusnya bisa lebih dipahami dan menghindarkan seseorang dari risiko kecurangan.
Konsep investasi properti biasanya tergantung dari tipe bangunan yang ditawarkan. Pikirkanlah segi positif dan negatifnya demi menghindari kesalahan menanamkan modal. Mempertimbangkan sebuah pilihan dalam waktu yang cukup lama bukanlah hal yang salah karena sudah semestinya menjadi langkah terpenting dalam membangun kewaspadaan.

Aspek Legalitas
Berbisnis properti membutuhkan ketelitian dan kewaspadaan tingkat tinggi. Semakin banyak peluang keuntungan yang akan didapatkan, risikonya juga semakin besar. Jika ternyata pihak yang menawarkan investasi tersebut tidak bertanggungjawab, Anda sendiri yang mengalami kerugian. Itulah mengapa kita harus mengecek reputasi dari pihak yang menawarkan investasi properti, baik di lingkarannya mau pun di tempat-tempat lain. Sebab bisa saja pihak yang tak bertanggungjawab melakukan tindakan kecurangan dan mengulanginya di tempat berbeda.

Jika posisi investor dipastikan sudah aman, maka mekanismenya pun bisa dipertanggungjawabkan secara jelas. Pelajarilah setiap informasi mengenai investasi properti dan peluangnya di masa depan. Jika masih ada hal-hal yang dirasa belum jelas, Anda bisa menanyakannya kepada pihak yang punya informasi akurat dan menjamin validitas informasinya.

Nah, itulah beberapa langkah untuk mengantisipasi penipuan investasi. Setiap pemula seharusnya mampu mempersiapkan semuanya sebaik mungkin sehingga tidak mengalami kerugian saat sudah melakukan investasi properti.