Cara Mengelola Keuangan

By on July 15, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,804 kali
Ilustrasi Mengelola Keuangan

Cara Mengelola Keuangan

Investasi Saham – Keberhasilan seorang pelaku investasi, baik investor jangka panjang atau menengah atau bahkan pendek itu sangat bergantung pada kemampuan dalam mengelola keuangan. Mengelola keuangan atau disebut cashflow ini memang penting diperhatikan apabila kita menginginkan hasil profit yang maksimum ketika melakukan trading saham. Yang menjadi prinsip awal dan harus kita pegang ketika berinvestasi saham yaitu selalu menggunakan uang “nganggur” atau idle money.

Disini idle money maksudnya adalah uang yang dalam jangka panjang masih belum akan kita gunakan (uang dingin). Idle money ini tidak akan digunakan pula untuk maksud lain, contohnya untuk tabungan anak, membeli rumah, untuk tabungan pensiun dan lainnya. Pada dasarnya idle money ini adalah uang sisa yang kita simpan dan kita gunakan sehingga siap untuk di investasikan.

Market saham sendiri sebenarnya mempunyai risiko yang cukup besar, yang mana ketidakpastian disini juga sangat besar. Apabila kita mendapati kerugian yang tidak dapat terkontrol, maka uang yang sebelumnya disimpan untuk digunakan dana tabungan bisa saja lenyap. Namun keuntungan yang lain dalam menggunakan dana ini yaitu kita dapat lebih tenang serta emosi kita akan terkontrol disaat bertrading saham. Karena dengan emosi yang terkontrol kita dapat memutuskan sebuah keputusan bertrading maupun investasi dengan terencana. Jadi dengan menggunakan prinsip tersebut ada baiknya kita tidak berutang sedikitpun untuk memulai berinvestasi maupun bertrading saham.

 

Ada pula orang-orang yang berpikiran sangat spekulatif, mereka berutang diluar kapasitasnya kemudian dari dana utang tersebut digunakan untuk membeli saham dan mengharapkan sahamnya bisa melonjak. Sebenarnya pilihan berutang dan menggunakannya untuk saham memang risikonya akan jauh lebih besar, bukan hanya uang saja melainkan dapat juga mempertaruhkan kenyamanan keluarganya. Lalu bagaimana untuk menggunakan fasilitas hutang yang bisa kita dapatkan dari sekuritas? Kita tahu bahwa fasilitas tersebut sangatlah menarik. jadi dengan memanfaatkan hutang kita dapat melakukan transaksi diluar batas modal yang dapat kita sediakan, maksudnya dengan cara hutang dari sekuritas. Meskipun fasilitas hutang dari sekuritas tersebut hampir sama dengan yang ditawarkan kebanyakan Bank, namun fungsinya lebih sebagai pengungkit atau leverage. Penggunaan hutang layaknya menggunakan kartu kredit, saat ini kita tidak perlu membayar langsung akan tetapi kita juga kan yang akan membayarnya dibelakang?

Sebenarnya penggunaan margin memang bisa membantu kita dalam mengelola keuangan, hal ini tidaklah berbahaya apabila kita memiliki cadangan uang. Contohnya, apabila jumlah modal 100 juta, kemudian sekuritas meminjamkan margin 100 juta, dengan demikian kita dapat melakukan transaksi 200 juta. Apabila kita mempergunakan fasilitas leverage dengan jumlah 100 juta, maka untuk berjaga-jaga kita memerlukan cadangan uang sebesar 100 juta. Anda anggap hanyalah sebatas alat bantu yang bisa mempermudah kita dalam melakukan transaksi, maka kita perlu berkali-kali untuk setor-tarik.

Jadi, tidak disarankan untuk menggunakan semua uang kita dalam bertrading saham. Memiliki uang cadangan yang bisa digunakan untuk keperluan lain memang sangatlah perlu. Apabila membeli suatu saham, maka jangan membelanjakan uang kita secara keseluruhan. Jadi kita bisa membagi uang kita dalam berbagai keperluan, contohnya pertama kita bisa membelanjakan uang sekitar 10-20% pada satu jenis saham, kemudian besoknya kita bisa membelanjakan kembali 10-20% pada saham yang lain dan seterusnya. Jadi janganlah memborong saham dalam satu waktu sementara kita tidak tahu harga saham tersebut apakah akan naik ataupun turun. Intinya anda bisa menggunakan margin apabila dalam kondisi yang mendesak saja atau pada saat mempunyai uang cadangan dengan jumlah yang sama dengan margin yang digunakan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty