Cara Mendapatkan Modal untuk Usahamu!

By on August 25, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 408 kali
Modal Bisnis

Bisnis – Untuk membangun sebuah bisnis sendiri tentu bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum memulai sebuah bisnis. Anda dituntut agar memiliki skill dalam menjalankan usaha tersebut serta bisa memprediksi perjalan bisnis dari waktu ke waktu. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah memiliki modal usaha dalam menjalankan bisnis tersebut. Hal ini dikarenakan, semua bussiness plan Anda tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya sebuah modal. Skill dan strategi bisnis Anda tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya sebuah modal usaha yang cukup. Banyak hal yang bisa dilakukan agar Anda bisa mendapatkan modal untuk menjalankan sebuah bisnis.

Menggunakan dana pribadi

Dengan menggunakan dana pribadi tentu Anda bisa mulai mendirikan sebuah bisnis sesuai dengan skill yang dimiliki. Selain itu, memulai sebuah bisnis dengan menggunakan dana pribadi tentu memiliki resiko yang lebih kecil. Beberapa aset yang bisa digunakan sebagai dana pribadi dalam mendirikan bisnis adalah rekening tabungan ataupun menjual aset-aset yang dimiliki. Namun, Anda juga harus tetap memastikan bahwa bisnis Anda bisa berjalan dan semakin berkembang agar kedepan nantinya tidak akan mengalami kerugian dan kehilangan semua dana dan aset pribadi yang digunakan sebagai modal.

Mengajukan pinjaman ke bank

Saat ini, mengajukan pinjaman modal usaha ke pihak bank semakin mudah. Dengan syarat tertentu, maka seseorang bisa mendapatkan dana segar untuk memulai mendirikan bisnis sesuai dengan yang diinginkannya. Salah satu syarat yang harus dilakukan agar mendapat persetujuan dari pihak bank adalah dengan membuat sebuah proposal rencana bisnis milik Anda. Hal tersebut akan digunakan sebagai bahan pertimbangan sekaligus uji kelayakan apakah bisnis Anda memang berhak mendapat bantuan modal. Pasalnya, pihak bank ingin memastikan bahwa kedepan nantinya bisnis Anda memiliki prospek cerah dan bisa melunasi biaya pinjaman yang diajukan. Namun opsi mengajukan pinjaman ke bank sebaiknya menjadi pilihan terakhir dalam memulai bisnis. Hal ini dikarenakan resiko pengembalian pinjaman bisa menjadi beban tersendiri bagi keuangan Anda dalam menjalankan bisnis.

Membuat sebuah kerjasama

Menjalankan sebuah bisnis tentunya akan menjadi lebih mudah jika Anda bisa menemukan seorang partner untuk diajak kerja sama. Partner tersebut bisa berasal dari anggota keluarga sendiri maupun teman terdekat atau sahabat. Pasalnya, rekan bisnis juga bisa memberikan bantuan modal dalam mendirikan sebuah bisnis. Bahkan, mereka juga bisa membantu menjalan operasional bisnis yang akan meringankan beban pekerjaan Anda karena dikerjakan secara bersama-sama. Namun, dalam menjalankan kerja sama sebaiknya Anda memperhatikan klausul pembagian hasil agar tidak ada pihak-pihak yang dirugikan di kemudian hari.

Memanfaatkan dana hibah perusahaan

Modal dalam menjalankan bisnis juga bisa didapat dari sebuah perusahaan yang sudah memiliki nama besar. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkannya melalui sejumlah instansi pemerintah. Pasalnya, mereka biasanya memiliki budget tersendiri dalam rangka membantu perekonomian masyarakat yang ingin mendirikan sebuah bisnis. Dana tersebut biasanya disalurkan melalui program Corporate Sosial Responsibility [CSR] yang memang dikhususkan untuk membantu perekonomian masyarakat. Namun, dana tersebut tidak diberikan secara cuma-Cuma tapi melalui sebuah event yang sifatnya kompetisi. Para pemenang inilah yang nantinya akan mendapat bantuan modal untuk memulai sebuah bisnis yang sedang dirintisnya.

Mendapatkan investor

Salah satu cara paling populer untuk mendapat bantuan modal dalam menjalankan bisnis adalah dengan menemukan investor yang tepat. Dana dari pihak ketiga inilah yang akan membantu Anda untuk menjalankan bisnis. Berbeda dengan menjalin kerja sama bersama seorang rekan bisnis, investor biasanya hanya akan memberikan bantuan modal tanpa ikut andil dalam operasionalnya. Hanya saja, Anda tetap harus memperhatikan pembagian hasil yang akan didapat oleh investor. Sebaiknya Anda menggunakan sebuah perjanjian tertulis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari nantinya.

Dengan memiliki modal untuk menjalankan bisnis maka hal tersebut akan semakin mempermudah Anda untuk mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik.

 

 

 

 

Oleh: Agus Fariansyah, studentpreneur.co

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty