Cara Mendapatkan Keuntungan di Pasar Saham

By on July 27, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 408 kali
Stock Index dan Saham

Investasi Saham – Semua orang yang memiliki saham tentu hanya ingin mendapatkan keuntungan. Meskipun kerugian menjadi salah satu resiko utama yang akan diterima oleh siapa saja. Analisa yang tepat bisa menjadi salah satu cara untuk melindungi diri dari kerugian. Namun dalam pasar saham selalu saja ada resiko yang mungkin tidak pernah Anda duga. Ketika Anda tidak ingin mendapatkan kerugian maka Anda bisa meningkatkan potensi ketika posisi saham dalam kondisi yang lebih baik. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan keuntungan sebagai pemilik saham.

Tentukan Perencanaan Investasi

Banyak orang yang mendapatkan kerugian dengan memiliki saham karena melakukan kesalahan yang sangat fatal, yaitu sama sekali tidak memiliki rencana tentang investasi yang dilakukan. Jadi sebelum Anda membeli saham maka tentukan rencana yang baik mulai dari jenis saham yang akan dibeli, informasi mengenai perusahaan yang sahamnya akan Anda beli, informasi mengenai pergerakan dan manajemen perusahaan, perkembangan pasar perusahaan, jumlah saham yang akan Anda beli dan kapan waktu yang paling tepat untuk membelinya. Dengan semua rencana ini maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dan bukan kerugian karena kesalahan analisa.

Pilih Waktu yang Tepat untuk Investasi

Untuk menentukan waktu yang paling tepat untuk membeli saham adalah dengan memperhatikan kondisi ekonomi. Anda bisa mempertimbangkan bahwa Anda memiliki waktu yang paling tepat ketika ekonomi dunia sedang baik. Hindari memilih waktu pembelian saham ketika ada beberapa negara dengan pengaruh besar terhadap nilai saham sedang mengalami konflik. Langkah ini sangat penting dilakukan untuk melindungi nilai investasi yang Anda miliki.

Pilih Status Perusahaan

Langkah yang paling tepat sebelum menjalankan rencana investasi adalah melakukan analisa yang cukup detail terhadap sebuah perusahaan dimana sahamnya akan Anda beli. Untuk mengetahui hal ini maka Anda bisa menilai dengan beberapa cara misalnya mencari laporan perusahan per tiga bulan , per enam bulan atau per tahun. Anda bisa mencari laporan dari internet atau koran. Setelah itu pilih perusahaan yang pergerakannya memang sudah Anda ketahui misalnya perusahaan yang bergerak dalam bidang komunikasi, perusahan dalam bidang kesehatan dan jenis bidang lain.

Bagaimana Pertumbuhan Ekonomi Perusahaan?

Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan menilai pertumbuhan ekonomi sebuah perusahaan yang memang Anda minati. Anda bisa menilai pertumbuhan ekonomi perusahaan itu rendah, sedang atau tinggi. pertumbuhan tinggi akan menjadi tujuan yang paling tepat. Anda bisa mendapatkan keuntungan karena ekonomi perusahaan itu maju dengan cepat. Lakukan penilaian dengan cara detail agar Anda tidak menerima resiko buruk dari permainan ekonomi sebuah perusahaan.

Hindari Nilai Saham Murah

Membeli saham saat harga sedang murah memang sering menjadi jurus bagi pemula. Tapi ketika Anda salah memilih saham yang murah, maka bukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan tapi kerugian. Saham murah dari perusahaan tertentu bisa jadi perusahaan tersebut sedang mengalami masalah yang sangat penting. Jadi, hindari memilih saham murah tanpa Anda tahu alasannya mengapa saham tersebut dijual dengan harga murah. Anda bisa melihat reaksi pasar ketika ingin membeli saham dengan harga murah.

Setelah Anda melakukan beberapa cara diatas maka Anda juga harus memilih jenis perusahaan yang memang memberikan keuntungan secara berkala kepada semua pemegang saham. Perusahan yang lancar dalam membagi keuntungan atau deviden berarti bahwa perusahaan bekerja dengan baik dan manajemen yang berkualitas.