Cara Memulai Start Up Bisnis Dari Kecil

By on September 22, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 407 kali

Start up bisnis merupakan perusahaan yang baru didirikan dan bergerak dalam bidang teknologi, namun bagaimana cara memulai start up bisnis dari kecil? Start up erat kaitannya dengan website. Dalam memulai start up bisnis, ada banyak sekali ide untuk membuat start up website. Dalam memulai start up bisnis, hal-hal yang harus dipersiapkan adalah:

1. Inovasi atau ide baru
2. Membentuk tim yang solid, minimal anggota tim 2 orang
3. PC / laptop
4. Koneksi internet
5. Mempunyai skill dalam pemrograman website dan skill SEO

Kenapa harus membuat tim? Mungkin kata-kata itu yang saat ini sedang muncul di benak Anda. Ya, memang dalam memulai start up bisnis sendiri pun bisa. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan lebih efisien, tim sangat dibutuhkan. Dengan adanya tim, satu orang hanya akan berfokus pada satu hal saja.

Apa dua orang saja sudah cukup? Dalam memulai start up bisnis, tentu skill sangat mempengaruhi hasil. Salah satunya dalam pembuatan website, itulah mengapa perlu memiliki skill pemrograman website. Karena dalam pembuatan website akan berurusan dengan UI/UX (User Interface/User Experience) sampai back end, oleh karena itu minimal dibutuhkan dua orang dalam proses pengerjaannya. Dengan anggota tim 2 orang, proses pengerjaan akan lebih efisien dengan cara bagi tugas. Orang pertama akan fokus pada pengerjaan front-end dan akan bertanggung jawab terhadap UI/UX website. Sedangkan orang kedua akan berfokus pada pengerjaan back-end dan akan bertanggung jawab terhadap pemrograman server side.

Itulah mengapa dalam cara memulai start up bisnis harus mempunyai skill atau keahlian khusus. Dalam pembuatan start up website saja orang pertama yang bertugas sebagai front-end developer harus mempunyai skill dalam dan menguasai Photoshop, javaskript, CSS 3 maupun HTML. Sedangkan orang kedua yang bertugas sebagai back-end harus sudah paham dalam pemrograman server-side seperti database, PHP, dan lainnya. Selain itu kemampuan dalam merancang sistem juga sangat dibutuhkan dalam membuat start up website.

Kelebihan

Jika tim Anda memiliki keahlian seperti di atas, Anda dapat memangkas biaya dalam pembuatan start up bisnis. Dalam proses developing website saja, Anda bisa melakukannya tanpa membutuhkan biaya. Hal itu bisa terjadi karena adanya tim yang handal dalam melakukan pemrograman website. Selain itu Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya karena alat penunjang dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia dan gratis. Karena tidak mengeluarkan biaya, hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal. Jika sudah paham betul dengan pemrograman, biaya bisa dipangkas sebesar mungkin. Contohnya saja jika sudah paham dalam bahasa pemrograman, Anda tidak perlu menggunakan bantuan text editor yang canggih, software gratis seperti notepad++, subline text, dan netbeans juga bisa digunakan. Selain itu proses developing pun bisa lebih cepat jika Anda menggunakan framework yang tersedia open source, contohnya twitter bootstrap dan laravel untuk front-end developer dan juga back-end developer.

Pemasaran

Karena bergerak dalam bidang teknologi, pemasaran dapat dilakukan dengan cukup mudah. Contohnya saja agar website mendapatkan pengunjung yang banyak setiap harinya, Anda bisa menggunakan teknik SEO. Dengan teknik SEO, alamat URl website Anda akan mudah ditemukan oleh pengunjung. Selain menggunakan teknik SEO, Anda juga bisa memasang iklan di google untuk menarik pengunjung. Selain itu pemasaran juga bisa dilakukan melalui media sosial yang populer di kalangan masyarakat seperti facebook dan twitter. Dengan begitu pengunjung website Anda akan bertambah dengan cepat.

Itulah beberapa informasi mengenai cara memulai start up bisnis, semoga bermanfaat bagi Anda.