Cara Memulai Investasi Saham

By on September 11, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 339 kali

Investasi Saham – Cara memulai investasi saham adalah suatu cara yang paling tepat untuk Anda yang belum mengerti seluk beluk bursa saham dan seputar investasi saham. Tidak sembarang orang bisa berhasil dalam investasi saham, bahkan orang yang berhasil dalam melakukan investasi saham pun dulunya pernah mengalami jatuh bangun dalam investasi sahamnya. Namun, karena kerugian itu Anda bisa mendapatkan pelajaran dan trik tersendiri untuk ke depannya bisa selamat dari resiko kerugian pada bursa efek yang sering terjadi apabila sang investor kurang jeli dalam melihat peluang. Dalam cara memulai investasi saham disarankan jika Anda memang benar ingin mulai bergabung dengan para investor saham dan siap bersaing maka Anda harus memiliki pengetahuan yang umum tentang dunia saham serta keuntungan dan kerugian yang bisa didapat dari bermain saham. Berikut cara memulai investasi saham yang bisa Anda jadikan sebagai panduan dalam memasuki dunia investasi saham: (Baca juga: 5 Poin Penting Tentang Saham)

Mulai Dengan Modal Kecil

Bagi Anda yang masih belajar tentang dunia saham, maka Anda sebaiknya mulai dengan modal kecil sehingga jika terjadi kerugian pada Anda, maka kerugian yang terjadi juga tidak akan terlalu besar karena modal awal yang Anda keluarkan juga dalam jumlah kecil. Selain itu mengeluarkan modal yang kecil juga bisa menjadi sebuah alternative dimana Anda mulai berinvestasi saham dengan maksud untuk belajar tentang investasi saham dan praktek berinvestasi saham. Dengan begitu Anda bisa belajar dengan lebih dalam mengenai analisis pasar dan hal lainnya yang terkait dengan saham dengan lebih berhati-hati. Nantinya jika Anda sudah paham betul seputar saham barulah Anda mulai menanamkan modal yang lebih besar lagi pada saham Anda. (Baca juga: Cara Mendapatkan Keuntungan di Pasar Saham)

Pelajari Perusahaan Dengan Reputasi Baik

Untuk pertama kali jangan terlalu berani dalam mengambil resiko yang terlalu besar, sembari belajar Anda bisa melakukan investasi saham pada perusahaan yang memiliki reputasi yang baik. Artinya perusahaan ini merupakan perusahaan yang memiliki nama yang baik di masyarakat, manajemen jelas, produknya  dikenal dan juga laris, tidak memiliki banyak utang dan Anda selalu bisa melihat pergerakannya karena perusahaan ini telah terorganisasi dengan baik. Biasanya perusahaan yang demikian, pada saat bursa efek sedang dalam keadaan baik, maka perusahaan itulah yang akan lebih dulu mendapatkan keuntungan dan Anda pun bisa mendapatkan keuntungan juga darinya. Itulah cara kedua dalam cara memulai investasi saham. (Baca juga: Bagaimana Cara Mengetahui Apakah Saham Perusahaan Tersebut Berkualitas atau Sekarat?)

Beli Beberapa Saham Berbeda

Meskipun sudah disebutkan di atas bahwa Anda lebih baik melakukan investasi dengan modal kecil pada kali pertama, namun Anda juga bisa menyiasati perkembangan saham yang Anda investasikan dengan cara membagi saham Anda di berbagai perusahaan berbeda. Sehingga misalnya salah satu dari saham Anda mengalami penurunan harga maka belum tentu saham Anda yang lain juga akan turun harganya, malah bisa jadi ada saham yang harganya melonjak naik di saat yang lain turun. Maka dari itu jika mengalami kerugian, Anda tidak akan mengalami kerugian sekaligus. (Baca juga: Tips Memilih Saham Berkualitas dengan Peluang Profit Lebih Besar)

Investasi Jangka Panjang

Investasi yang berpotensi memberikan keuntungan yang besar adalah investasi dalam jangka panjang, maka sebaiknya sebagai investor Anda jangan memperhitungkan keuntungan dalam jangka waktu pendek, karena keuntungan yang didapatkan bisa sangat sedikit bahkan tidak ada. Menurut IHSG, keuntungan yang bisa didapat dari investasi jangka panjang adalah sekitar 12,9% yang berupa return. Disebutkan juga bahwa semakin lama Anda dalam berinvestasi maka akan semakin besar juga keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi saham. (Baca juga: Saham Syariah dan Perbedaannya dengan Saham Konvensional)