Cara Memulai Investasi Reksadana Untuk Pemula

By on October 14, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,950 kali
Reksadana

Cara Memulai Investasi Reksadana Untuk Pemula

Ketertarikan masyarakat luas akan investasi Reksadana kelihatannya makin meningkat seiring dengan berjalannya waktu, meskipun masyarakat di Indonesia belum banyak yang masuk ke dalam dunia investasi Reksadana. Namun, sudahkah Anda tahu apa itu Reksadana? Sebelum Anda mengetahui cara memulai investasi Reksadana, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Reksadana. Dewasanya, Reksadana adalah suatu produk investasi yang berfungsi sebagai wadah untuk para investor. Dalam prosesnya, investasi Reksadana ini dikelola oleh Manajer Investasi yang sudah mendapatkan ijin dari Otoritas Jasa Keuangan. Para investor yang berinvestasi di Reksadana ini sama-sama memiliki tujuan finansial, entah itu untuk jangka pendek, menengah, ataupun panjang.

Investasi Reksadana ini mempunyai keistimewaan yang sangat direkomendasikan untuk para nasabah retail. Keistimewaan ini adalah diversifikasi, dimana dana yang diinvestasikan akan disebar ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham atau obligasi yang membuat resiko investor menurun. Karena jumlah minimal investasi di Reksadana dapat dikatakan relatif kecil, investor bermodal kecil sangat cocok untuk mencoba produk investasi yang satu ini.

Cara memulai investasi Reksadana yang pertama kali harus Anda lakukan adalah tentukan terlebih dahulu tujuan dari investasi Anda. Meskipun dengan berinvestasi modal Anda dapat berkembang dengan cepat, namun tanpa adanya tujuan maka semuanya tidak dapat terkendali. Jadi, apakah tujuan Anda? Membeli rumah kah? Atau menunaikan ibadah haji? Atau mungkin untuk biaya pendidikan anak Anda di masa depan? Lalu, berapa lamakah tujuan itu harus Anda capai? Nah, sangat penting untuk memikirkan hal-hal kecil seperti ini sebelum memulai investasi.

Cara memulai investasi Reksadana yang berikutnya adalah menganalisa kondisi keuangan Anda sendiri. Sadari kemampuan ekonomi Anda, berapakah yang mau Anda invest setiap bulannya? Setelah itu, bersikaplah disiplin dalam berinvestasi dengan cara Anda harus menginvest dalam jumlah yang sama setiap bulannya.

Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang produk Reksadana setelah rencana Anda dalam berinvestasi sudah tertata dengan rapi. Wajib untuk para calon investor mengetahui profil resiko masing-masing produk Reksadana. Hal ini erat kaitannya dengan profil masing-masing investor yang dibagi menjadi tiga, yaitu Konservatif, Moderat, dan Agresif. Singkatnya, Konservatif adalah jenis profil investor yang cocok untuk produk investasi low-risk. Sedangkan, Moderat itu middle-risk dan Agresif adalah high-risk. Ada lebih dari 500 produk Reksadana yang dijual di Indonesia. Luangkan waktu Anda untuk memilih serta memilah produk manakah yang cocok untuk Anda dalam segi kemampuan ekonomi dan profil resiko Anda.
Nah ini dia saatnya membeli produk Reksadana yang benar-benar Anda rasa tepat. Pergilah ke penjual Reksadana, yaitu Manajer Investasi. Namun, karena lokasi Manajer Investasi ini tidak tersebar ke seluruh penjuru Indonesia, maka Anda tetap bisa membeli produk Reksadana dari agen-agen Reksadana berbentuk Bank. Cara memulai investasi Reksadana yang terakhir adalah memonitor dan mengevaluasi produk Reksadana yang telah Anda beli. Cukup cek di situs majalah Kontan ataupun download aplikasi Bloomberg untuk memantau naik atau turunnya nilai Reksadana.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty