Cara Memilih Manajer Investasi Reksadana Yang Paling Baik

By on October 26, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 538 kali

Investasi Reksadana – Sebagian orang yang sudah lama berkutat di dunia perinvestasian, mungkin sudah lama kenal dengan investasi Reksadana. Investasi yang dibagi kedalam berbagai jenis ini memang relatif mudah untuk dilakukan para pemula. Jenis-jenis Reksadana sendiri sangatlah beragam, mulai dari Reksadana pasar uang sampai dengan Reksadana Terproteksi. Tetapi, rasanya tidak cukup hanya mengerti tentang jenis-jenis dari investasi Reksadana. Dalam berinvestasi di Reksadana, biasanya ada Manajer Investasi yang nantinya akan mengelola produk-produk investasi untuk para investor.

Nah hal ini juga harus diperhatikan oleh para calon investor. Pilihlah perusahan Manajer Investor yang menurut Anda benar-benar terbaik. Dalam cara memilih Manajer Investasi Reksadana, banyak sekali faktor yang harus Anda pertimbangkan. Contohnya saja track record dan juga integritas Manajer Investasi tersebut. Hal-hal lainnya adalah tarif, kualitas pelayanan, jumlah dana, jumlah nasabah, dan juga gaya investasi yang dimiliki oleh Manajer Investasi.

Untuk lebih jelasnya, inilah dia cara memilih Manajer Investasi Reksadana yang dapat Anda masukkan kedalam pertimbangan Anda.

1. Pengalaman dan Jam Terbang

Poin dalam cara memilih Manajer Investasi Reksadana yang satu ini erat hubungannya dengan berapa lamanya sebuah perusahaan MI tersebut sudah berdiri. Sekedar informasi, ada beberapa perusahaan MI yang sudah beroperasi selama berpuluh-puluh tahun dan biasanya adalah afiliasi dari grup keuangan international yang tidak hanya beroperasi di Indonesia. Perhatikan prospektus produk Reksadana yang dikelola oleh MI tersebut. Jika tercatat bahwa perusahan MI tersebut sudah beroperasi minimal 7 tahun dan keuntungan yang diberikan produk yang dikelolanya cukup bagus, maka dapat dikatakan jika perusahaan MI ini mempunyai track record yang baik.

2. Kinerja

Dalam cara memilih Manajer Investasi Reksadana, memang penting untuk menilik kinerja yang dimiliki oleh Manajer Investasi Reksadana tersebut. Cukup perhatikan fluktuasi keuntungan reksadana yang telah dikelola oleh MI tersebut. Kinerja yang bagus itu adalah yang fluktuasinya cenderung kecil. Manajer Investasi yang paling baik adalah yang kinerja kerjanya selalu konsisten, tidak hanya menghasilkan return yang tinggi.

3. Gaya Berinvestasi

Biasanya, MI akan melaporkan laporan keuangan setiap pertengahan tahun. Pelajari isi dari laporan tersebut untuk mengetahui gaya berinvestasi yang dimiliki oleh MI tersebut. Dalam cara memilih Manajer Investasi Reksadana yang satu ini, perhatikan jenis saham atau obligasi yang tertera didalamnya. Apakah banyak obligasi atau saham dari perusahaan besar namun pertembuhannya lambat? Ataukah banyak obligasi atau saham milik perusahaan kecil dan pertumbuhannya lebih cepat? Semua ini berhubungan dengan gaya berinvestasi Manajer Investasi tersebut.

4. Biaya

Tiap-tiap MI mempunyai struktur biayanya sendiri yang mencakup biaya dalam pembelian, pengelolaan, dan juga penarikan Reksadana. Pilihlah Manajer Investasi yang memasang tarif yang wajar sesuai dengan kriteria-kriteria diatas. Wajar saja jika Manajer Investasi memasang tarif yang tinggi jika MI tersebut benar-benar kompeten.

Nah, itulah sedikit cara memilih Manajer Investasi Reksadana untuk Anda para calon investor. Semoga berhasil.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty