Cara Memilih Manajer Investasi Reksadana yang Credibel

By on March 29, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 420 kali

Investasi Reksadana – Investasi Reksadana bukanlah sesuatu yang baru, untuk sebagian besar orang yang sudah pernah masuk ke dunia investasi. Salah satu instrumen investasi ini memang memiliki pengelolaan transparan, imbal hasil yang lebih besar daripada investasi tradisional lainnya, dan bahkan lebih baik hanya membutuhkan dana yang relatif lebih rendah.

Namun tetap saja, meskipun cukup sederhana, nyatanya tidak semua orang mengerti cara berinvestasi di Reksadana. Menurut seorang konsultan keuangan, kendala investasi Reksadana sekarang ini adalah kurang meratanya lokasi Manajer Investasi di Indonesia. Demi menutupi kekurangan ini, banyak Manajer Investasi yang melakukan kerja sama dengan pihak perbankan untuk penjualan produk Reksadana. Meskipun sama saja, namun jelas lebih nyaman membeli Reksadana di Manajer Investasi. Ini dikarenakan investor bisa melakukan negosiasi khusus jika berinvestasi Reksadana dengan jumlah lebih lengkap dan juga kelengkapan informasi produk yang dijual.

Perlu diingat, pemilihan Manajer Investasi tentu mempengaruhi perkembangan investasi Anda. Meskipun Reksadana sama, namun berbeda Manajer Investasi tentu akan memiliki kinerja yang berbeda. Karena itu, Anda harus bisa memilih Manajer Investasi yang benar-benar baik. Berikut ini adalah beberapa cara memilih Manajer Investasi Reksadana yang credible!

Legalitas Manajer Investasi

Cari tau kelegalan Manajer Investasi yang akan Anda pilih. Tidak ada salahnya jika Anda mengecek situs milik Bapepam selaku badan yang mengatur legalitas Manajer Investasi di Indonesia. Bila nama MI tersebut terdaftar, Anda bisa yakin bahwa MI tersebut aman. Anda juga bisa menggali berbagai macam informasi lainnya, seperti peraturan pasar modal.

Pengalaman Manajer Investasi

Kualitas Manajer Investasi bisa dilihat dari latar belakang kepemilikan, jam terbang, dan tingkat pengalaman dari pengelola dana di perusahaan yang bersangkutan. Informasi seperti ini bisa dengan mudah didapatkan dalam prospektus Reksadana. Sangat baik jika Anda juga memperhatikan track record perusahaan MI tersebut. Hal ini untuk menentukan kinerja, sistem, dan manajemennya. MI yang baik adalah yang memiliki track record yang konsisten.

Gaya Investasi Manajer Investasi

Kemungkinan calon investor memilih MI yang bisa memberikan return tinggi sunggulah besar. Sebelum memikirkan return, mengapa tidak lebih dulu memikirkan gaya investasi yang dianut oleh MI tersebut. Tujuan dari ini adalah menyesuaikan MI dengan tujuan investasi dan profil resiko Anda. Tentu hal ini tidak bisa dianggap enteng. Pelajari gaya MI dengan melihat isi portfolio yang tercantum pada prospektus.

Faktor-faktor lainnya yang perlu diperhatikan, antara lain dana kelolaan, nasabah yang berinvestasi di MI tersebut, struktur biayanya, dan yang terakhir adalah kualitas layanannya. Keberhasilan investasi Anda sangat bergantung pada peran MI sebagai pengelola dana. Maka dari itu, telitilah dalam menentukan bagaimana cara memilih manajer investasi Reksadana yang credibel. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty