Cara Jual Beli Saham Di Bursa Efek untuk Pemula

By on January 15, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 363 kali

Investasi Saham – Jual beli saham di bursa efek saat ini mulai banyak dilirik muda mudi Indonesia. Kemudahan informasi, edukasi hingga forum mampu menarik minat investor muda dan pemula. Rata-rata yang baru mengenal saham mengatakan bahwa jual beli saham tidak semahal yang dibayangkan.

Jika mendengar kata saham, seseorang umumnya berpikir itu barang wah yang besar dan berisiko. Alhasil banyak yang ragu memulainya dan mundur sebelum mengenal. Namun, setelah tahu Anda akan jadi penasaran dan tertarik mencoba bisnis satu ini.

Nah, jika Anda salah satunya teruskan membaca artikel ini. Ada beberapa tips dan cara jitu jual beli saham di bursa efek. Khusnya bagi yang baru mencoba alias pemula.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mempelajari dan memahami segala ilmu dan dasar tentang saham. Anda bisa memilih belajar lewat kursus, buku, internet dan sebagainya.

Sama seperti bisnis pada umumnya, menjual dan membeli saham adalah bisnis yang berorientasi pada profit. Anda bisa memilih beragam perusahaan dan sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Sementara proses jual belinya bisa di perusahaan sekuritas atau broker yang merupakan perwakilan Bursa Efek Indonesia.

Setelah Anda menguasai ilmunya, sekarang waktunya untuk mulai beraksi. Ada banyak cara sukses jual beli saham di bursa efek. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.

Mendaftarkan Akun untuk Memulai Bisnis Saham Anda

Tahap paling awal untuk memulai bisnis ini ialah mendaftar denga membuat akun di perusahaan sekuritas atau broker. Tak perlu jauh-jauh dan cari saja yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Jangan lupa untuk melengkapi segala persyaratan.

Untuk modal awal umumnya berkisar Rp 10 juta. Namun, sejumlah perusahaan sekuritas/broker ada yang mensyaratkan modal awal dibawah Rp 10 juta. Setelah mendaftar jangan lupa mencatat dan simpan nomor telepon customer service dan broker. Nomor tersebut akan memudahkan Anda berkomunikasi dan konsultasi jika ada persoalan teknikal.

Ketika resmi terdaftar, perusahaan sekuritas atau broker  biasanya akan memberikan platform yang bisa diinstal di laptop dan gadget masing-masing. Mereka juga akan memberikan panduan untuk memulai bisnis jual beli saham.

Segera Mulai Berbisnis Jual Beli Saham di Bursa Efek

Silahkan dipositkan dulu dana pada peruahaan sekuritas atau broker. Besarannya relatif mulai dari Rp 100 ribu, Rp 1 juta, Rp 5 juta dan seterusnya. Jika sudah, Anda bisa memulai order atau placing.

Pilih dulu kode counter saham perusahaan yang akan dibeli. Tentukan juga jumlah harga dan jumlah lot sebelum mengklik enter. Jangan lupa memperhitungkan price queue atau harga antrian. Misalnya Anda membeli saham di perusahaan AB di harga hari ini. Karena banyak yang antri biasanya baru akan diproses 3 hari berikutnya. Dan status Anda yang tampak ialah pending.

Transaksi Jual Beli Saham Milik Anda

Hasil transaksi jual beli saham Anda akan terlihat jika sudah 3 hari. Anda bisa melihat status order berubah jadi done. Perusahaan sekuritas atau broker akan memberikan laporan secara rutin. Yakni detail transaksi jual beli saham Anda serta catatan lain. Misalnya potongan biaya untuk fee broker dan biaya tambahan lainnya.

Untuk beberapa perusahaan ada yang sudah membagikan keuntungan dalam kurun waktu 6 bula hingga 1 tahun. Nilai pembagian tersebut sesuai dengan prosentasi kepemilikan saham Anda di perusahaan tersebut. Namun ada juga perusahaan yang tak melakukan pembagian. Alasannya keuntungan dipakai kembali untuk modal, bayar hutang dan lain-lain. Anda bisa dapat untung berlipat jika tahu cara tepat jual beli saham di bursa efek.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty