Cara Investasi Saham yang Baik – Prediksi & Rumusan

By on October 2, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,596 kali
Trading Saham

Cara Investasi Saham yang Baik – Prediksi & Rumusan

Cara investasi saham yang baik mutlak dilakukan guna mendapatkan keuntungan maksimal dan tentunya tidak merugi! Investasi saham bisa dikatakan investasi yang tidak mudah juga. Dengan berinvestasi saham bisa membuat Anda memperoleh keuntungan berkali-kali lipat. Namun dengan catatan, pastinya harus dipersiapkan dengan baik. Prediksi dan rumusan merupakan 2 tahap yang saling berkaitan ketika bermain saham.

1. Prediksi Harga

Dalam bermain saham, bisa memprediksi atau memperkirakan harga sangat penting. Teknik ini sangat menentukan apakah investasi Anda akan menguntungkan dan maksimal. Berikut beberapa poin yang bisa Anda perhatikan:

-Mencari informasi terkait latar belakang, karakteristik dan nilai-nilai pada perusahaan sekuritas.
-Analisis data-data perusahaan.
-Analisis berita-berita di media massa tentang perusahaan.
-Hasil analisis digunakan sebagai prediksi harga.
-mengikuti perkembangan mengenai dunia usaha makro.
-Belajar mengenai pola pergerakan harga saham pada sebuah perusahaan.
-Perhatikan gratif pada garis resistance, trendline dan juga support. Kemudian, perhatikan volume grafik.
-Analisis harga saham berdasarkan perhitungan matematika, dimulai dari nilai rata-rata, transformasi, laju eksponensial, standar deviasi dan lainnya.

2. Rumusan

Rumusan mencakup tekad yang kuat, mulai dari yang kecil serta rumusan teknis. Untuk masuk ke lantai bursa, Anda harus menanamkan keinginan yang kuat dan tekad. Namun tentunya tidak sembarang tekad, tetapi juga punya kebijaksanaan. Apabila memang masih baru, sebaiknya coba dengan jumlah cukup kecil dulu. Dengan begitu, persentase kerugian akan lebih kecil dan tidak akan menciutkan Anda kalau-kalau mungkin saja merugi. Sebaliknya, Anda masih punya kesempatan untuk belajar strategi dan sukses di kesempatan kedua dan seterusnya.

Rumusan teknis sendiri dalam cara investasi saham yang baik menuntut Anda untuk jeli. Memilih saham yang punya track-record yang baik akan meminimalisir risiko. Dari mana kita tahu satu saham memang baik? PE (rasio antara net income bersih per lembar saham dengan harga pasar saham per lembar) yang terendah di dalam industrinya. Kemudian, perhatikan sentimen pasar yang sangat menentukan harga saham.

Transaksi dengan Cara Investasi Saham yang Baik

Proses yang paling dinantikan dalam cara investasi saham yang baik tentunya – MELAKUKAN TRANSAKSI. Prinsip sederhananya adalah: Beli saham ketika berada di bawah nilai yang sudah diperhitungkan. Kemudian, jual dengan harga di atas harga yang sudah diperkirakan. Transaksi ini ibarat memasukkan bola ke dalam gawang. Gol adalah tujuan utama! Oleh karena itu, kita harus mengatur strategi yang tepat ketika melakukan transaksi pada investasi saham dengan begitu memberikan hasil yang sudah diprediksikan. Patokannya adalah: Jika risiko investasi saham makin besar maka keuntungan yang Anda peroleh harus besar pula. Namun kalau risiko makin besar, keuntungan makin kecil – berarti Anda mungkin tidak melakukan cara investasi saham yang baik!