Cara Investasi Saham dengan Benar

By on December 11, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 287 kali

Investasi Saham – Cara investasi saham merupakan sebuah informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh para pelaku investor saham dan juga masyarakat yang memang ingin mencoba untuk berinvestasi saham. Namun sebelum membahas hal tersebut, pengetahuan mengenai saham sendiri tentu saja sangat penting agar nantinya di dalam menjalankan investasi saham dapat berjalan dengan lancar. Saham sendiri merupakan bagian dari kepemilikan suatu badan usaha, jadi jika Anda membeli ataupun memiliki sebagian dari saham suatu perusahaan berarti Anda ikut memiliki perusahaan tersebut dan tentu saja Anda juga akan memiliki klaim baik pada kekayaan ataupun penghasilan dari perusahaan itu sendiri. Dengan memiliki saham yang mana diperjual belikan tersebut tentu saja Anda akan memiliki kesempatan untuk bisa menjadi salah satu pemilik dari beberapa perusahan besar yang ada di Indonesia. Sebagai pemilik, maka Anda juga memiliki hak suara di dalam rapat pemegang saham, dengan demikian Anda juga berhak untuk bisa menentukan kebijakan dari perusahaan, memilih dan juga memberhantikan direksi dan juga menerima bagian dari keuntungan sebuah perusahaan yang memang dibagikan kepada para pemegang saham.

Menghubungi Perusahaan Pialang

Sebagian besar masyarakat memang tertarik dengan investasi saham ini, namun sebagian besar dari mereka juga ragu akan hal tersebut karena banyak kasus yang mana uang dari investasi dibawa kabur begitu saja sehingga mengalami kerugian yang bisa dibilang cukup besar. Selain itu juga jika memang perusahaan dapat memberikan penghasilan yang baik, maka keuntungan yang didapatkan akan besar, namun jika tidak dapat berjalan dengan baik tentu saja akan mengalami kerugian dan nilai dari investasi akan turun. Sebelum membeli saham tentu saja Anda juga perlu untuk menghubungi perusahaan pialang, adapun caranya adalah Anda dapat menghubungi beberapa perusahaan sekuritas yang mana merupakan anggota bursa efek, dan Anda dapat membandingkan setiap penawaran serta pelayanan dan juga biayanya. Dengan beberapa bandingan tersebut tentu saja nantinya Anda akan mendapatkan perusahaan yang memiliki kualitas baik serta memiliki kinerja yang baik pula. Pilihan Anda pada satu perusahaan efek sendiri tentu saja sangat tergantung dengan layanan yang Anda inginkan.

Cara Berinvestasi Saham

Jika memang Anda sudah menghubungi salah satu perusahaan yang ingin Anda beli sahamnya, maka Anda juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Yang pertama adalah membuka sebuah rekening, pada umumnya suatu perusahaan efek tersebut akan meminta Anda untuk menandatangani new account agreement sebagai calin nasabah baru. Oleh karena itu Anda juga perlu mempelajari setiap informasi yang mana ada di dalam dokumen tersebut karena di dalamnya sendiri terdapat hak dan juga kewajiban dari Anda yang mana sebagai pemegang rekening itu sendiri. Anda bisa menjelaskan dengan jujur mengenai apa tujuan dari investasi Anda dan juga kondisi dari keuangan pribadi Anda, hal itu termasuk dengan pendapatan, pengalaman investasi dan juga total dari kekayaan Anda, yang mana berdasarkan informasi tersebut sales representative akan bisa memberikan rekomendasi dari investasi.
  2. Kemudian yang kedua adalah memutuskan siapa yang nantinya akan mengendalikan account Anda, Anda dapat mengendalikan sendiri sehingga dapat mengambil keputusan investasi sendiri atau bisa juga menyerahkan keputusan tersebut kepada perusahaan efek. Perusahaan efek sendiri nantinya akan mengambil keputusan investasi yang berdasarkan dengan pertimbangan tanpa harus berkonsultasi kepada Anda mengenai jenis saham, waktu jual dan beli serta harganya. Jadi itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai cara investasi saham.