Cara Investasi Reksadana untuk Pemula

By on June 22, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 486 kali

Investasi Reksadana – Cara investasi reksadana sedang gencar dikenalkan kepada masyarakat oleh pemerintah. Meskipun sosialisasinya dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) belum sampai menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat. Yang perlu diketahui masyarakat adalah bahwa investasi pasar modal merupakan produk investasi yang paling mudah dilakukan dan memiliki potensi keuntungan lumayan dalam jangka panjang.

Instrumen investasi ini juga cocok bagi yang ingin bermain saham tapi tidak mau pusing belajar bermain di pasar saham. Khusus bagi pemula perlu menambah wawasan dan pengetahuan tentang investasi reksadana sebelum mengambil keputusan tepat untuk memilih suatu produk reksadana. Sebab saat ini, sudah ada hampir 700-an produk reksadana yang beredar di Indonesia.

Tips Memilih Reksadana yang Baik untuk Pemula

  • Tetapkan tujuan investasi
    Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, tetapkan dulu tujuan Anda berinvestasi. Apakah investasi yang dilakukan untuk jangka pendek (1 sampai 2 tahun), jangka menengah (3 hingga 5 tahun), atau jangka panjang (lebih dari 5 tahun).
    Contohnya, Anda ingin berinvestasi untuk membiayai pendidikan anak 3 tahun ke depan, maka harus memilih investasi jangka menengah. Lain halnya jika Anda berinvestasi untuk jangka panjang dengan tujuan membeli rumah 8 tahun mendatang.
  • Mengenali profil risiko
    Salah satu poin penting adalah mengenali profil risiko. Ada beberapa investasi yang masuk kategori high risk tapi juga menghasilkan profit yang tinggi, tentunya ini sangat menggiurkan. Apakah Anda akan memilih produk ini atau tidak tergantung dari keberanian Anda mengambil risiko. Jika termasuk dalam tipe yang memilih zona aman, sebaiknya pilih produk investasi dengan risiko kecil, keuntungan biasa saja tapi berkelanjutan.
  • Memilih tempat yang tepat sebagai manajer investasi
    Setelah tertarik dengan suatu produk reksadana, selanjutnya adalah mencari manajer investasi yang tepat sebagai penerbit reksadana tersebut. Saat ini berbagai investasi mengenai manajer reksadana tersebut mudah didapatkan melalui internet. Anda tinggal mengetikkan kata kunci produk reksadana yang diinginkan pada mesin pencari, maka akan muncul berbagai informasi mengenai produk tersebut.

Mempelajari Prospektus Reksadana

Ketika mencari informasi mengenai produk reksadana dan manajer investasi yang tepat, Anda akan menemukan prospektus reksadana. Yang dimaksud dengan prospektus reksadana adalah berbagai informasi secara lengkap mengenai produk reksadana.

Di dalam prospectus tersebut sebaiknya memuat beberapa hal seperti berikut :

  • Nama produk reksadana
  • Kinerja produk selama beberapa periode tertentu
  • Bank custodian, bank khusus yang menampung dana investor
  • Biaya-biaya yang dibebankan atas reksadana tersebut
  • Kebijakan investasi. Di sini harus dijelaskan mengenai tipe reksadana itu, kemana uang akan diinvestasikan, apa bentuk investasinya (saham, obligasi, pasar uang, dan sebagainya). Apabila investasi dalam bentuk saham harus dijelaskan juga nama-nama perusahaan tempat dana Anda diinvestasikan.
  • Aturan pembelian dan penjualan
  • Bank atau agen penjual tempat Anda melakukan pendaftaran dan pembelian reksadana. Di tempat ini Anda bisa berkonsultasi untuk pembelian produk reksadana.
  • Nomor kontak dan alamat. Di sini Anda bisa mendapatkan informasi apa pun yang dibutuhkan, termasuk membantu proses pendaftaran.

Apabila prospektus ini tidak kurang jelas di website manajer investasi, sebaiknya Anda memintanya untuk dikirim ke alamat e-mail Anda. Hindari membeli produk reksadana yang tidak mencantumkan prospektus online. Hal ini berkaitan dengan kredibilitas perusahaan, karena perusahaan yang profesional dan terpercaya harus menyediakan informasi yang detil dan luas mengenai perusahaan dan produk yang ditawarkan. Dengan demikian, sebagai pemula Anda tidak lagi bingung tentang cara investasi reksadana yang tepat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty