Cara Cerdas Investasi Properti Untuk Para Investor

By on October 10, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,923 kali
Properti

Cara Cerdas Investasi Properti Untuk Para Investor

Banyak yang bilang jika investasi properti adalah salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan namun beresiko kecil. Benarkah? Memang investasi properti ini memiliki resiko yang cenderung kecil jika dibandingkan denganj investasi emas yang sekarang ini nilainya terus-terusan menurun. Selain itu, investasi saham yang digadang-gadang sebagai salah satu instrumen investasi yang paling menguntungkan sama sekali tidak stabil karena akibat dari krisis global. Sedangkan harga properti menunjukan perkembangan yang terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, tidak berarti Anda tidak memerlukan strategi saat mencoba berinvestasi properti. Anda memerlukan cara cerdas investasi properti agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Berikut ini adalah cara cerdas investasi properti yang bisa Anda coba praktekan.

1. Perhatikan Lokasi Lahan Properti

Hal pertama dalam cara cerdas investasi properti adalah memperhatikan lokasi lahan properti Anda. Sangat penting sekali untuk mendapatkan lokasi lahan yang strategis. Tujuannya adalah agar properti Anda nantinya akan mendapatkan keuntungan. Biasanya, orang-orang membutuhkan properti yang berlokasi ditempat yang strategis dan mudah dijangkau. Anda juga bisa membeli properti yang sudah jadi, ataupun hanya membeli lahan kosong kemudian Anda membangun properti Anda sendiri.

2. Legalitas dan Keamanan

Salah satu faktor vital dalam cara cerdas investasi properti adalah legalitas suatu lahan yang akan Anda jadikan awal berinvestasi properti. Pastikan bahwa lahan properti Anda legal agar nantinya tidak akan ada masalah hukum, seperti masalah sengketa. Ketika membeli sebuah properti ataupun lahan kosong, pastikan untuk mengecek semua dokumen. Keamanan properti Anda juga harus Anda perhatikan, seperti memasang pagar agar tidak terjadi hal yang tidak diingankan seperti pencurian ataupun perusakan.

3. Memilih Bentuk Properti

Dalam memilih bentuk properti, Anda harus memperhatikan lingkungan disekitarnya. Contohnya seperti lingkungan perumahan, Anda dapat membangun properti untuk tujuan residensial seperti rumah ataupun kontrakan. Apartemen cocok untuk lokasi yang dekat dengan jalan besar. Sedangkan untuk lokasi perkantoran dan juga pertokoan, diperlukan tempat yang benar-benar strategis dan mudah terlihat orang lain.

4. Menyewakan dan Menjual

Ketika Anda mempunyai properti, entah itu properti untuk keperluan residensial, perdagangan, ataupun industri, Anda bisa saja menyewakannya untuk mendapatkan passive income sebelum Anda mendapatkan waktu yang tepat untuk menjualnya. Sebenarnya, investasi properti ini sangat baik untuk investasi jangka panjang. Karena itu, sebelum Anda sampai pada jangka waktu yang Anda tetapkan, Anda dapat menyewakannya terlebih dahulu.

Itulah dia sedikit cara cerdas investasi properti yang bisa Anda jadikan panduan. Anda juga dapat membuat cara cerdas investasi properti Anda sendiri sesuai dengan strategi yang Anda buat. Masih banyak sekali peluang yang bermunculan dalam investasi properti ini karena pada dasarnya manusia akan selalu membutuhkan tempat untuk berlindung dari panas matahari dan juga hujan.