Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit Untuk Modal Usaha

By on March 29, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 394 kali

Perencanaan Keuangan – Bijak menggunakan kartu kredit merupakan hal yang perlu kita pertimbangkan dan pikirkan mulai sekarang. Jika kebanyakan orang menggunakan kartu kredit untuk berbelanja dan menghambur-hamburkan uang secara konsumtif, tentu kita wajib memiliki pandangan yang berbeda untuk menggunakan kartu kredit ini. Kartu kredit memang memiliki berbagai keuntungan sekaligus beberapa kelemahan yang perlu kita ketahui. Mengapa harus bijak memakai kartu kredit? Hal ini dikarenakan ada 3 alasan yang perlu kita ketahui.
Alasan yang pertama yaitu kartu kredit merupakan utang yang harus dilunasi, alasan kedua yaitu suku bunga dari kartu kredit cenderung lebih tinggi setiap bulannya. Adapun alasan yang ketiga yaitu kartu kredit dapat mendorong seseorang ke dalam kehidupan bergaya konsumtif yang berdampak terhadap ketahanan finansial seseorang. Maka dari itu, sebaiknya mulailah bijak menggunakan kartu kredit.

Kartu Kredit Untuk Modal Usaha

Memang tak dapat dipungkiri, usaha sampingan memang sangat penting untuk merencanakan masa depan yang lebih baik. Siapa sangka, hanya dengan pemakaian kartu kredit kita bisa menjadikannya sebagai modal usaha. Dengan kartu kredit ternyata bisa memutar uang demi menunjang kebutuhan bisnis yang dijalankan. Jadi, daripada repot-repot harus meminjam uang ke bank, tentu menggunakan kartu kredit sebagai pinjaman merupakan pilihan yang  paling tepat tanpa harus memiliki jaminan.

Misalnya kartu kredit yang 1 di gesek digunakan, kemudian bulan depan menggunakan kartu kredit yang ke-2 di gesek untuk menutupi hutang di kartu kredit A, hal ini bisa berlangsung seterusnya melalui pemakaian kartu kredit ke 3,4,5 dan seterusnya. Hanya saja, pastikan Anda memiliki bisnis yang jelas, mempunyai prospek lebih baik ke depannya dengan keuntungan yang menggiurkan bisa menjamin masa depan Anda menjadi lebih cerah. Sebab bila bisnis yang dijalankan tidak memiliki prospek, baik itu menggunakan uang bank, uang sendiri, uang tunai, dan lain sebagainya tentu bisa membuat kita masuk ke dalam jeratan hutang piutang tiada akhir. Dalam hal ini, kartu kredit hanya berperan untuk dijadikan pengungkit dengan memanfaatkan celah dari tagihan yang terdapat dalam kartu kredit.

Pertimbangkan Persyaratan di Bank

Untuk Anda yang berencana menjalankan bisnis dengan modal utang pada kartu kredit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun hal yang terpenting yaitu pertimbangkan syarat dan juga ketentuan yang dibuat oleh bank pembuat kartu kredit tersebut, khususnya tentang limit minimum saldo, bunga, jangka waktu pembayaran dan juga jumlah denda yang akan dikenakan jika adanya keterlambatan pembayaran.

Biasanya, tagihan kartu kredit tak menyertakan bunga bila nasabah mampu membayar tagihan secara penuh sebelum waktu jatuh tempo. Selain itu, umumnya tanggal waktu jatuh tempo biasanya 20 hari sesudah tanggal untuk cetak tagihan. Maka dari itu, bila cetak tagihan di tanggal 1 Maret misalnya, maka waktu jatuh tempo dari kartu kredit tersebut di tanggal 21 Maret. Untuk itu, bila ingin memperoleh modal bisnis dengan kartu kredit tanpa harus dibebani oleh biaya bunga, Anda harus memastikan di mana arus kas usaha Anda dapat memenuhi jumlah pembayaran tagihan yang dibayarkan sebelum masa tenggang berakhir.

Walaupun ada nasabah ingin mengajukan aplikasi pembuatan kartu kredit, biasanya pihak bank tak mempersalahkan pemakaian produk kartu kredit tersebut. Akan tetapi, agar Anda tidak terjebak dalam hutang piutang yang justru membebani diri Anda tentu harus lebih bijak menggunakan kartu kredit untuk dijadikan modal usaha Anda!

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty