Bursa Asia Terangkat Sentimen Data Ritel AS

By on May 14, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,726 kali

Bursa Asia Terangkat Sentimen Data Ritel AS

Saham-saham Asia terangkat. Walu indeks Dow Jones semalam terkoreksi, namun data penjualan ritel AS yang positif memberikan angin bagus bagi bursa Asia, terutama bagi emiten-emiten yang mengekspor produknya ke AS.

Saham LG Electronics inc., produsen tv terbesar kedua dunia, menanjak 2% di Seoul. Sharp Corp. juga melaju 1,6% di Tokyo, setelah Kyodo News melaporkan bahwa Sharp menargetkan akan untung kembali tahun ini. Konami Corp. melompat 14% saat Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co. memberi rekomendasi beli.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,2% ke 142,59 pada pukul 09.33 waktu Tokyo hari ini (13/5). Setiap tiga saham yang naik, terdapat dua yang turun.

“Penjualan ritel AS mengindikasikan kemungkinan pemangkasan belanja AS tak berdampak sebesar itu pada ekonomi AS dan ini bagus,” kata Stephen Halmarick, Head of Investment Markets Research Colonial First State Global Asset Management.

Indeks ini sudah menanjak 10% sepanjang tahun ini sampai dengan kemarin. Pendorongnya adalah spekulasi pasar bahwa Bank of Japan akan mengambil langkah lebih jauh demi mengatasi deflasi.

“Quantitative Easing BOJ akan terus berdampak besar bagi pasar Jepang, mendorong naik saham-saham dan berpotensi mengangkat obligasi,” kata Halmarick.

Pagi ini, indeks Nikkei 225 dan Topix sama-sama naik 0,1%. Indeks Kospi Korea Selatan terangkat 0,8%. Indeks S&P/ASX Australia naik 0,3%.

(Rika Theo, Kontan)