Bursa Asia Mendaki Di Akhir Pekan Ini

By on May 24, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,012 kali
Bursa Asia

Bursa Asia Mendaki Di Akhir Pekan Ini

Mayoritas saham yang diperdagangkan di bursa Asia mendaki pagi ini (24/5). Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.51 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,4% menjadi 139,24. Indeks acuan di kawasan regional ini tengah menuju penurunan mingguan sebesar 2,3%.

Kenaikan bursa Asia dipicu oleh lompatan indeks acuan di sejumlah negara. Sebut saja indeks Nikkei 225 Stock Average yang pagi ini naik 2,5%, indeks Kospi Korea Selatan naik 0,3%.

Sementara itu, indeks S&P/ASX 200 Australia mencatatkan penurunan sebesar 0,8%. Demikian pula halnya dengan indeks NZX 50 Selandia Baru yang turun 0,4%.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Asia. Beberapa di antaranya yakni: Shinsei Bank Ltd yang naik 5,7% di Tokyo, Softbank Corp naik 4,1% di Tokyo, dan Echo Entertainment Group Ltd yang turun 10% di Sydney.

Pergerakan positif pada bursa Asia pagi ini terjadi di tengah optimisme pertumbuhan kinerja emiten dan stabilnya perekonomian.

“Belum ada sentimen fundamental negatif yang dapat mempengaruhi bursa Jepang dalam jangka menengah,” ujar Michael Kurtz, head of global equity strategy Nomura Holdings Inc.

Catatan saja, indeks MSCI Asia Pacific sudah naik 7,2% di sepanjang tahun ini hingga kemarin. (Barratut Taqiyyah, Kontan)