Bursa AS Menghijau

By on August 23, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,429 kali
Wall Street Positif

Bursa AS Menghijau

Wall Street – Bursa saham Amerika Serikat (AS) naik setelah datangnya data perbaikan manufaktur global dan pasar tenaga kerja. Sementara itu, perdagangan saham Nasdaq sempat terhenti tiga jam karena kesalahan komputer.

Indeks The Standard & Poor 500 naik 0,9% menjadi 1.656,96 pada pukul 16.00 waktu New York. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 66,19 poin, atau menguat 0,4% menjadi 14.963.74. Nasdaq Composite Index naik 1,1% menjadi 3.638,71 setelah perdagangan normal usai komputer diperbaiki.

“Ada tanda-tanda stabilisasi di China dan perbaikan ekonomi di Eropa, yang dapat membantu perusahaan multinasional AS dalam jangka panjang,” kata Paul Mangus, kepala strategi ekuitas dan penelitian untuk Wells Fargo Private Bank di Charlotte, North Carolina kepada Bloomberg.

Salah satu saham properti di AS naik 1,9% setelah laporan menunjukkan harga rumah naik 7,7% pada Juni dari tahun lalu. Yahoo Inc rally 3,1% karena data jumlah pengunjung situs itu naik lebih tinggi dari Google Inc di bulan Juli.

Komputer sempat rusak

Perdagangan di bursa AS sempat terhenti beberapa jam akibat kerasukan komputer yang mengguncang perdagangan. Kerusakan terjadi akibat rusaknya software yang melakukan feed data bursa Nasdaq. Agar bisa kembali normal, teknisi meminta perdagangan saham dihentikan mulai 12:20 waktu New York. pasar kemudian dibuka kembali tiga jam kemudian.

“Ini masalah besar bagi Nasdaq, tapi itu tidak berdampak pada pasar seperti yang Anda harapkan,” kata Douglas Kass, pendiri Palm Beach, di Seabreeze Partners Management Inc.

Nasdaq pernah dikecam menghadapi kecaman tahun lalu karena salah penanganan debat publik Facebook, yang menyebabkan ratusan juta dolar kerugian bagi perusahaan anggotanya. Saham perusahaan turun 3,4% menjadi US$ 30,46 hari ini, setelah naik 1,1%.

(Asnil Bambani Amri, Kontan)