Bursa AS Melorot Karena Isu Senjata Kimia Suriah

By on August 27, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,879 kali
Wall Street

Bursa AS Melorot Karena Isu Senjata Kimia Suriah

Wall Street – Mayoritas saham yang diperdagangkan di bursa AS melorot. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor’s 500 turun 0,4% menjadi 1.656,83. Penurunan ini menghapus kenaikan sebelumnya sebesar 0,4%.

Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,43% menjadi 14.946,50. Sedangkan indeks Nasdaq turun 0,01% menjadi 3.675,57.

Penurunan indeks acuan Negeri Paman Sam ini terjadi setelah Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyatakan bahwa pemerintah Suriah bertanggung jawab penuh secara moral atas penggunaan senjata kimia di negaranya.

Menurut Kerry, saat ini Presiden Barack Obama tengah berkonsultasi dengan sejumlah aliansi dan anggota Kongres. “Obama yakin, harus dilakukan perhitungan bagi mereka yang menggunakan senjata paling berbahaya di dunia,” jelas Kerry.

Sementara itu,Frank Ingarra, head trader Greenwich, analis NorthCoast Asset Management LLC di Connecticut menilai, jika nantinya terjadi kekacauan dan jika terjadi pemberontakan dan berdampak pada aset-aset AS, hal ini yang menyebabkan pelaku pasar cemas. “Ada penarikan sejumlah dana sehingga kemungkinan pelaku pasar tak mau mengambil risiko besar,” jelas Ingarra.

(Barratut Taqiyyah, Kontan)