Bundesbank: Perancis Harus Memenuhi Target Anggaran

By on February 27, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,132 kali

Bundesbank: Perancis Harus Memenuhi Target Anggaran

Bank sentral Jerman, Bundesbank, telah meminta Perancis untuk memenuhi target defisit anggaran yang menjadi mandat Uni Eropa. Setiap kegagalan dalam menjalankan mandat tersebut akan dapat merusak kepercayaan disiplin fiskal di blok itu.

Pada pekan lalu Perancis telah meminta Brussels untuk memberikan waktu tambahan guna menekan defisit hingga di bawah 3% dari GDP. Proyeksi terbaru Uni Eropa sendiri menunjukkan jika resesi di zona Euro masih akan berlanjut tahun ini, yang menggeser target pemangkasan defisit menjadi 3,7% dari GDP.

Berbicara dalam sebuah acara di Paris, Presiden Bundesbank Jens Weidmann mendesak Perancis untuk tetap menjaga komitmen mereka. “Kita tengah dihadapkan padan krisis kepercayaan,” kata Weidmann dalam pidatonya di Ecole des Hautes Etudes Commerciales. “Terlihat jika sebagian kepercayaan dalam aturan fiskal kami telah berkurang, seperti halnya keinginan negara-negara Eropa untuk mengkonsolidasikan keuangan publik mereka.”

“Oleh karena itu peran negara-negara utama zona Euro untuk memberikan sinyal yang jelas menjadi sangat penting, yang akan membantu meningkatkan kredibilitas aturan fiskal dan kesepakatan,” tambahnya.